LENSAINDONESIA.COM: DPD Partai Golkar Jawa Timur menggelar musyawarah daerah (Musda) ke X pada 5-7 Maret 2020 di Hotel Utami Sidoarjo. Salah satu agenda penting yakni pemilihan ketua baru periode 2020-2025 dan diprediksi berlangsung aklamasi.

Ketua penyelenggara Musda X DPD Partai Golkar Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak mengatakan, Musda ini merupakan amanat dari Munas Partai Golkar beberapa waktu lalu, dimana memberikan deadline tiga bulan setelah Munas, DPD Partai Golkar Provinsi segera melaksanakan Musda.

“Ada tiga agenda utama dalam Musda yaitu membuat program kerja Partai Golkar untuk 5 tahun kedepan, memilih ketua baru DPD Partai Golkar Jatim dan rekomendasi-rekomendasi,” kata Sahat Tua Simanjuntak, Kamis (05/03/2020) malam.

Khusus menyangkut pemilihan ketua baru DPD Partai Golkar Jatim, pihaknya sudah menyiapkan mekanisme tata cara pemilihan. Namun keputusan bergantung pada peserta Musda.

“Ada 44 suara yang berhak di Musda ini yaitu 38 suara DPD PG kabupaten/kota, 3 suara dari Hasta Karya dan 3 suara dari organisasi sayap yang didirikan Partai Golkar,” jelas Sahat yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Ditanya apakah akan ikut maju mencalonkan di Musda X mendatang? Sekretaris DPD Partai Golkar Jatim ini menegaskan, sampai hari ini dirinya belum pernah menyatakan siap maju selagi masih ada Plt Ketua DPD PG Jatim Zainudin Amali.

“Saya tegaskan bahwa saya tidak akan maju mencalonkan. Kita jaga adat ketimuran kalau ada yang lebih pantas kenapa tidak kita dukung saja,” cetusnya.

Sahat  mengatakan, berkembang di internal Partai Golkar Jatim, kandidat kuat pengganti Zainudin Amali sebagai ketua DPD partai berlambang pohon beringin Jatim ini, untuk lima tahun ke depan adalah Sarmudji Anggota DPR RI asal Jatim yang juga masuk jajaran pengurus DPP Partai Golkar.

“Pak Sarmudji itu Anggota DPR RI terpilih kembali pada Pemilu 2019 dengan suara terbanyak sekitar 200 ribu dari Dapil Blitar. Yang dibutuhkan partai adalah orang yang mau bekerja, bukan orang yang mau cari posisi. Pak Sarmudji tipikal pekerja keras, sehingga kami yakin bisa membawa Partai Golkar Jatim lebih maju lagi,” tambah Sahat.

Ia berharap pelaksanaan Musda X DPD partainya berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan seluruh peserta, kader dan pengurus Partai Golkar se Jatim, yakni selalu mengedepankan musyawarah mufakat.

“Tahun ini adalah masa happy atau kejayaan Partai Golkar Jatim karena suara kursi bertambah dan Plt Ketua DPD PG Jatim diangkat menjadi Menpora. Jadi Musda X ini harus berlangsung penuh happy bahkan aklamasi,” harap dia.

Sejumlah petinggi partai berlambang pohon beringin juga dipastikan akan hadr. Diantaranya, Akbar Tanjung, Aburizal Bakrie, Agung Laksono, Adies Kadir, Nurul Arifin, Menpora Zainuddin Amali yang juga Plt Ketua DPD Partai Golkar Jatim.

Selain itu sejumlah pejabat juga dipastikan hadir pada pembukaan Musda X DPD Partai Golkar Jatim Jumat (06/03/2020). Di antaranya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak, Forkopimda Jatim serta pimpinan parpol di Jatim.@sarifa