LENSAINDONESIA.COM: Gempa bumi berkekuatan 5.0 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Salasa petang (10/03/2020).

Informasi yang dihimpun dari rilis yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa yang terjadi pada Selasa, sekitar pukul 17.17 WIB tersebut berpusat di 6.89 LS 106.62 BT, 13 km Timur Laut Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman pusat gempa 10 km di bawah permukaan laut.

Akibat gempa ini, sejumlah rumah warga di Kabupaten Sukabumi mengalami kerusakan bahkan beberapa di antaranya ambruk.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna menyampikan, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terhadap infrastruktur yang rusak.

“Petugas penanggulangan bencana kecamatan saat ini sedang melakukan pendataan, salah satunya kerusakan terjadi di Kecamatan Parakasalak,” kata Sutisna seperti dikutip Antara, Selasa malam.

Menurutnya, untuk jumlah pasti berapa rumah dan fasilitas umum yang rusak masih dalam penilaian petugas, kemungkinan jumlah bangunan yang terdampak mulai dari rusak ringan hingga berat cukup banyak.

Selain itu, BPBD bersama unsur Muspika di wilayah terdampak sampai saat ini masih memberikan bantuan kepada masyarakat korban bencana dan mengevakuasi sejumlah warga serta membawa korban yang cidera ke fasilitas kesehatan.

“Untuk jumlah pastinya masih dalam pendataan, karena gempa yang terjadi menjelang Magrib ini berdampak ke sejumlah kecamatan khususnya yang berada di wilayah utara Kabupaten Sukabumi,” tambahnya.@LI-13