LENSAINDONESIA.COM: Merayakan HUT Kota Bekasi Ke-23 Tahun 2020, TK Mini Pak Kasur Cabang Kemang Pratama
berkolaborasi dengan PAUD/TK Ramah Anak Se-Kota Bekasi, menggelar kegiatan Family Day. Kegiatan ini sebagai implementasi Kota
Bekasi menuju Kota Layak Anak.

Family Day ini diikuti puluhan anak usia dini, guru pendamping dan orang tua. Mereka melakukan kegiatan bersama dimulai dari senam dan pawai di area Car Free Day di Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi, Jawa Barat. Usai pawai pada Minggu lalu (08/03/2020), anak-anak ini bersuka ria bersama pemerhati anak, Seto Mulyadi yang akrab dipanggil Kak Seto. Kak Seto sengaja hadir di kota ini menyapa mereka.

Kak Seto tunjukkan kepiawaian 50 tahun berkomunikasi dengan anak-anak di acara peringatan HUT Kota Bekasi ke-23. @foto:sofie.

Apalagi, Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto juga ikut senam bersama anak-anak, sebelum pawai. Kehadiran pimpinan Kota Bekasi
membuat anak-anak mengenal lebih dekat dengan kepala derahnya. Wakil Wali Kota ini didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bekasi, Riswanti, Sekretaris dan para Kabid.

Tri Adhianto berterima kasih kepada Yayasan TK Mini Pak Kasur, sehingga acara ini dapat terselenggara lancar. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari pemenuhan hak anak yaitu, kluster keempat, pendidikan pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya di Kota Bekasi.

“Kita berharap kegiatan ini memotivasi Paud dan TK di Kota Bekasi agar mengembangkan diri menjadi sekolah ramah anak. Kota Bekasi sudah mendapatkan predikat Nindia Kota Layak anak dan harus ditingkatkan,” kata Tri Adhianto.

Pemerintah di kota ini memprioritaskan perhatikan terhadap perkembangan anak-anak Kota Bekasi dengan mengeluarkan Peraturan Wali Kota Bekasi (Perwali) Ketentuan Tentang Sekolah Ramah Anak Kota Bekasi Nomor 25 Tahun 2016. Perwali ini dijadikan dasar pelaksanaan Sekolah Ramah Anak untuk seluruh tingkatan sekolah yang ada di Kota Bekasi.

Kak Seto dalam interaksinya dengan puluhan anak usia dini ini tampak bersemangat. Anak-anak Paud Kota Bekasi pun memperlihatkan rasa sangat gembira dalam kegiatan family day. Kak seto dengan caranya bisa sangat komunikatif dengan anak-anak. Ia juga mengajak anak-anak menyanyikan beberapa lagu ciptaan Pak Kasur.

Dikatakan Kak Seto, menjelang 50 tahun pengabdiannya pada dunia anak Indonesia, ia akan terus berjuang menekuni tugasnya demi anak Indonesia. Mewujudkan anak Indonesia yang bahagia dan sebagaimana pesan mendiang tokoh anak-anak Indonesia, Pak Kasur yang menjadi mentornya terdahulu. Pak Kasur merupakan tokoh nasional dan pegiat pendidikan anak-anak sekaligus sebagai pencipta lagu anak nasional.

“Mengabdi kepada pendidikan anak Indonesia tidak terasa hampir 50 tahun. Serba angka empat, tepatnya 4 April jam 4 sore, saya
diperkenalkan Pak Kasur untuk menjadi asitennya. Mulai saat itu, beliau memberi panggilan saya sebagai Kak Seto,” ucap Kak Seto.

“Pak Kasur juga berpesan apabila ia mati, saya bisa meneruskan perjuangannya di dunia anak. Saya pegang terus amanah itu hingga sekarang,” imbuh Kak Seto.

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Kota Bekasi juga mendukung Pak Kasur, Ibu Kasur, menjadi Pahlawan Pendidikan Nasional Kategori
Tumbuh Kembang Anak Indonesia. Dukungan berupa membubuhkan tandatangan pun dilakukan di atas spanduk oleh para peserta Family Day.

“Saya juga berterima kasih. Ini upaya kita agar Pak Kasur dan Bu Kasur dapat ditetapkan sebagai Pahlawan Pendidikan Nasional di
kesempatan mendatang. Perjuangan kita bersama untuk anak Indonesia sebagai generasi penerus bangsa,” kata kak Seto.

Usai acara ini, tampak para orang tua dan anak-anak paud sangat senang berfoto bersama Kak Seto. @sofie