LENSAINDONESIA.COM: Terkait penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia, Pelindo III juga menyisir sejumlah area terminal penumpang salah satunya Gapura Surya Nusantara yang beresiko penularan virus tersebut.

Selain Surabaya, juga digelar bersih-bersih di pelabuhan hingga seluruh kantor operasional Pelindo III di empat regional yakni Jatim, Jateng, Kalimantan dan Bali-Nusra. Tentunya dengan peralatan lengkap dan dibantu jajaran TNI-Polri serta Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heliyanto mengatakan, gerakan bersih-bersih serempak ini merupakan upaya Pelindo III menekan resiko penularan virus Corona. Apalagi Pelindo III sebagai operator pelabuhan merupakan salah satu pintu sirkulasi penumpang dari berbagai daerah.

“Kami lakukan gerakan bersih bersih ini serentak di seluruh pelabuhan dan terminal penumpang kita secara rutin setiap harinya. Kami juga berkoordinasi terus dengan rekan- rekan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan yang berwenang terhadap kesehatan untuk menyiagakan alat pendeteksi suhu badan atau thermal scanner di masing masing terminal penumpang, harapannya gerakan ini bisa menekan resiko penyebaran Covid-19,” ujar Toto dalam keterangan resminya, Jumat (13/03/2020).

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum mengatakan, pihaknya menyambut positif kegiatan ini, sekaligus menugaskan anggotanya untuk turut serta mengantisipasi penyebaran virus corona di sejumlah area vital.

“Kami dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak merasa senang bisa turut berkontribusi dalam kegiatan bersih-bersih kali ini terutama yang digelar di terminal penumpang pelabuhan Tanjung Perak yang merupakan wilayah kerja kami juga, nantinya kami rutin mendukung aktifitas ini dengan menugaskan anggota kami pada kegiatan tersebut. Kita sadar upaya menekan wabah virus corona ini harus dilakukan bersama-sama”, tegas Ganis.

Gapura Surya Nusantara merupakan salah satu terminal penumpang kapal laut modern dilengkapi 2 unit garbarata, dan Pelindo III telah melayani 3,6 juta penumpang ditahun 2019. Saat ini, pihak Pelindo III juga melakukan langkah preventif lainya seperti pemeriksaan suhu tubuh pada seluruh pegawai sebelum melakukan aktivitas, mensiagakan petugas kesehatan untuk memberikan penanganan pertama sesuai SOP yang berlaku jika ditemukan suspect virus corona.@Rel-Licom