LENSAINDONESIA.COM: Forum Komunikasi Komite Sekolah (FKKS) terbentuk sebagai wadah organisasi para ketua Komite SMAN-SMKN yang diatur dalam Permendikbud RI no. 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Pengurus FKKS SMAN-SMKN Kota Surabaya masa bakti 2020–2023 resmi dilantik oleh Kepala Dinas Pendidikan Jatim pada Jumat (13/3/2020) di Empire Palace Surabaya.

Bagiyon Wakil ketua FKKS Kota Surabaya menjelaskan, bahwa saat ini anggota FKKS Kota Surabaya terdiri dari 22 SMAN dan 11 SMKN.

Menurut ia, salah satu pertimbangan dibentuknya FKKS adalah sebagai upaya untuk peningkatan mutu layanan pendidikan serta merevitalisasi tugas komite sekolah atas dasar prinsip gotong royong.

“FKKS Kota Surabaya bertujuan untuk meluruskan keberadaan eksistensi Komite sekolah. Jangan sampai komite sekolah dijadikan lembaga pemungut berbagai iuran atas nama kepentingan sekolah,” ujar Bagiyon dalam keterangan pers kepada Lensaindonesia.

Disisi lain, FKKS juga bertujuan untuk mengajak seluruh komponen masyarakat secara gotong royong terlibat dalam pembangunan pendidikan.

“FKKS juga berfungsi untuk memberikan perlindungan hukum, kenyamanan dan keamanan bagi anggota dalam mendukung satuan kerja pendidikan untuk melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah,” kata Bagiyon.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi menjelaskan bahwa Komite sekolah mempunyai peran penting untuk bersama-sama dengan Kepala sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah juga untuk memenuhi kebutuhan sarana prasarana sekaligus menjaga kondusifitas sekolah.

”Saya mengapresiasi hal ini, semoga bisa bekerja dengan semangat seperti saat ini,” ujarnya.

Wahid berharap FKKS kota Surabaya dapat menjadi percontohan bagi daerah yang lain. Dan dalam waktu dekat akan diusahakan berdiri FKKS diseluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

”Saya anjurkan Komite sekolah dapat membuka rekening sendiri untuk menerima bantuan-bantuan sukarela dari masyarakat maupun pihak Orang tua atau wali siswa. Sehingga masyarakat tahu bahwa ini adalah paguyuban orang tua dan akan dipergunakan untuk peningkatan kualitas sekolah tersebut,” ujar mantan Kadis Perhubungan Jatim ini.@wan

Berikut Susunan pengurus FKKS SMAN-SMKN Kota Surabaya masa bakti 2020–2023 :

Dewan Pimpinan :

I. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur
II. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Sidoarjo

Dewan Penasehat :

I. DR. Basa Alim Tualeka
II. DR. Suko Widodo, M.Si
III. Dan Semua Kepala Sekolah SMAN & SMKN Kota Surabaya

Ketua Terpilih : Dra. Yuni Wahyuningsihtyas
Wakil Ketua Bidang SMAN : Bagiyon, MA
Wakil Ketua Bidang SMKN : Aris Setyawan Yuliandra, SH, MH
Sekretaris : Nanang Priyatna Hari
Sekretaris II : Puji Slamet, ST, MT
Bendahara I :DR. H. Supriyadi, SH, MM
Bendahara II : Hendrika Sriwidayati, Sp
Anggota – anggota : DR. Rupi ISS, ST, MD, MpD., Kunjung Wahyudi, ST, M.Kes., Susti Lestari Budi Rahayu, SE., Bambang Supriyadi, Ermawan, Eva Puspita, Deby Salina, Bukar Heriyono, H. Arifin A. Hamid, Ruliyanto, Ir. Tanto Wicaksono, MT., SANTI, Ir. Sujodoko Putro Dewo, Warsiyah, Imam Heru W.