LENSAINDONESIA.COM: Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi terpilih sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat periode 2020-2025 menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

AHY terpilih secara aklamasi menjadi Ketum DPP Partai Demokrat melalui Kongres V Partai Demokrat di Jakarta Convention Centre (JCC), Minggu (15/03/2020).

Terpilihnya putera sulung Presiden RI ke 6 itu sudah diprediksi banyak pihak. Apalagi saat Kongres V Partai Demokrat dimulai, lantaran dalam pendaftaran calon ketua umum hanya ada seorang yang mendaftar yakni AHY sehingga dia menjadi calon tunggal dalam proses pemilihan ketua umum yang baru.

Alhasil, dalam sidang pleno AHY pun terpilih secara aklamasi setelah pimpinan sidang pleno Kongres V Partai Demokrat menawarkan AHY sebagai calon ketua umum langsung disetujui peserta kongres dan meminta segera ditetapkan sebagai Ketua Ketua Umum Partai Demokrat yang baru.

Dalam sidang pleno AHY pun terpilih secara aklamasi setelah pimpinan sidang pleno Kongres V Partai Demokrat menawarkan AHY sebagai calon ketua umum langsung disetujui peserta kongres dan meminta segera ditetapkan sebagai Ketua Ketua Umum Partai Demokrat yang baru.

Menurut Juru bicara Kongres Irwan, terpilihnya AHY sebagai Ketua Umum, setelah seluruh pemilik suara dalam pemilihan Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025 yang berjumlah 604 orang sepakat 100 persen mendukung AHY.

“Seluruh peserta yang punya hak suara secara bulat aklamasi memilih AHY untuk memimpin Partai Demokrat untuk lima tahun kedepan,” kata Irwan.

Paska ditetapkan sebagai ketua umum DPP Partai Demokrat, AHY akan meneruskan tugas ketua umum sebelumnya yang juga ayahnya sendiri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang sebelumnya menjabat sebagai Ketum DPP Partai Demokrat sejak 2013 silam.

Sebelumnya, SBY dalam sambutan pembukaan Kongres V memastikan bahwa dirinya tidak akan maju lagi sebagai Ketua Umum. Karena itu Partai Demokrat akan memiliki pemimpin baru. Dan SBY yakin Partai Demokrat akan semakin cerah di tangan sosok pemimpin baru itu.

“Setelah Kongres V Partai Demokrat 2020 ini, Partai Demokrat dibawah kendali nahkoda yang baru. Dan saya punya keyakinan yang tinggi, di tangan para pemimpin baru nanti, masa depan Partai Demokrat akan makin cerah,” tegas SBY dengan penuh optimis.@LI-13