LENSAINDONESIA.COM: Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi menghentikan sementara kompetisi sepakbola nasional Liga 1 dan Liga 2.

Keputusan ini diambil akibat merebaknya virus Corona atau COVID-19 di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

“Kita tentukan minimal dua pekan kompetisi berhenti, baik Liga 1 maupun Liga 2, sembari menanti perkembangan terkini atas persebaran virus Corona,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan seperti dilansir laman resmi PSSI, Sabtu (16/03/2020).

Penghentian sementara dua kompetisi sepakbola ini merupakan hasil rapat khusus antara PSSI dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di sela-sela pertandingan Liga 2 antara Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan.

Rapat itu diikuti pula oleh Wakil Ketua Umum PSSI sekaligus Dirut LIB Cucu Sumantri, Direktur Operasional LIB Sujarno, Direktur Bisnis LIB Rudy Kangdra, Komisaris Utama LIB Sonhadji, Komisaris LIB yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani, serta anggota Komite Eksekutif PSSI Dirk Soplanit, dan Yunus Nusi.

Keputusan PSSI disambut hangat Menpora yang pada Jumat menyatakan keputusan keberlanjutan kompetisi olahraga profesional diserahkan kepada induk masing-masing cabang olahraga.

“Itu artinya kita memperhatikan serius imbauan dari WHO maupun Kementerian Kesehatan. Ini juga sebagai bukti pemerintah berkoordinasi dengan cabang-cabang olahraga dalam penanganan terkait menyebarnya virus Corona ini,” kata Zainudin Amali.

Liga 1 telah memainkan tiga pertandingan, meski sejumlah klub baru menjalankan dua pertandingan. Sedangkan Liga 2 baru dimulai pada Sabtu ini.@LI-13