LENSAINDONESIA.COM: Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya setiap tanggal 17 Maret memperingati Dies Natalis. Seperti hari ini, Selasa (17/05/2020), salah satu sekolah perhubungan udara milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini telah menginjak usia ke-30 tahun.

Acara perayaaan Dies Natalis Poltekbang Surabaya ke-30 digelar lebih sederhana dari sebelumnya. Ini dilakukan di tengah ramainya upaya antisipasi mencegah semakin meluasnya virus corona (COVID-19) yang diberlakukan oleh Presiden Jokowi untuk mengimbau masayarakat dan anak-anak sekolah melakukan aktifitas hanya di dalam rumah.

Dikemas dengan sederhana dan khidmad, acara dipimpin oleh Kepala Pusbang SDM Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Heri Sudarmaji dan Direktur Poltekbang Surabaya Achmad Setiyo Prabowo membuka perayaan Dies Natalis dengan berdoa bersama. Khususnya mendokan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi agar segera sembuh dan pulih pasca diumumkan terjangkitnya virus Corona (COVID-19).

“Hari ini merupakan Dies Natalis Politeknik Penerbangan Surabaya ke-30. Kami awali dengan dengan doa bersama untuk kesembuhan dan kesehatan Bapak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Semoga dalam waktu dekat beliau pulih dan bisa beraktivitas lagi,” kata Direktur Poltekbang Surabaya Achmad Setiyo Prabowo usai acara di Poltekbang Surabaya, Jalan Jemur Andayani No. 73 Surabaya.

Direktur Poltekbang Achmad Setiyo Prabowo berharap Menhub Budi Karya segera sembuh dan pulih sehingga bisa melanjutkan aktifitasnya di lingkungan Kementerian Perhubungan RI.

Dalam laporannya, Achmad Setiyo juga menjabarkan empat hal yang berkaitan dengan acara Dies Natalis Tahun 2020. Dimulai lewat Akasa Cup yang digelar pada 13-15 Maret 2020, Try Out Sipencatar dan Perguruan Tinggi Kedinasan Expo 15 Maret 2020, Orasi Ilmiah 17 Maret 2020, Istighosah dan Sholawat 19 Maret 2020, Donor Darah 20 Maret 2020 serta Bhakti Masyarakat 21 Maret 2020.

Rangkaian kegiatan ini terselenggara melibatkan seluruh ornamen di ketarunaan dan manajemen Poltekbang. Sementara, Orasi Ilmiah pada 17 Maret 2020, sebagai salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-30 Poltekbang Surabaya yang bertujuan memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh pegawai dan civitas akademika Poltekbang Surabaya dalam mewujudkan tema Dies Natalis Poltekbang Tahun 2020, yaitu Sinergi, Kolaborasi dan Inovasi menjadi Politkenik Penerbangan yang Unggul.

Kepala Pusbang SDM Perhubungan Udara Heri Sudarmaji juga menyampaikan harapan untuk usia Poltekbang yang telah mencapai usia ke 30 tahun. Ia berharap agar Poltkebang terus maju, inovatif dan bisa mencetak lulusan terbaik hingga go internasional.

“Dari pengalaman 30 tahun ini sebagai modal
untuk bangkit, go internasional, kami (Kemenhub) berupaya semaksimal mungkin agar sekolah-sekolah perhubungan kita bisa maju, lulusan kita banyak yang terserap bekerja ke luar negeri,” jelas Heri.

Terlebih, Indonesia akan mengalami bonus demografi dan memasuki era industri 4.0. Untuk menyambut hal tersebut, seluruh sekolah perhubungan, masih menurut Heri, siap memberikan kontribusi dengan mendidik hingga membentuk para generasi muda usia produktif sebagai insan perhubungan yang mumpuni di bidangnya.

“Kami saat ini sedang berupaya mencari approve yang berstandar internasional. Sehingga anak-anak kita bisa bekerja dibelahan bumi manapun, karena standar pendidikannya sama. Entah itu standar Airplus atau IATA, entah itu EASA. Kita penuhi semua aturan itu dan ujung-ujungnya mengarah ke era industri 4.0,” tandas dia.

Di akhiri dengan potong tumpeng bersama, acara berlangsung meriah dan guyub diikuti seluruh pegawai Poltekbang Surabaya, mengundang Unit Pelaksana Teknis dibawah komando Pusbang SDM Perhubungan Udara dan perwakilan UPT BPSDMP di Jawa Timur sekitar 500 orang.

Selain tamu undangan, acara diramaikan dengan kehadiran alumni Direktur Poltekbang, para pegawai Poltekbang serta taruna taruni Poltekbang Surabaya.@sarifa