LENSAINDONESIA.COM: Hari Air Sedunia diperingati hari ini, Minggu (22/03/2020). Di tengah mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19) ini, Konsorsium Lingkungan Hidup (KLH) memperingatinya dengan menggelar ruwatan dengan acara istighosah di bantaran Kali Surabaya, di daerah Karangpilang Surabaya.

“Ruwatan Kali Surabaya ini diadakan pada masa yang yang cukup memprihatinkan di tengah wabah Corona. Melalui istighosah ini kami mendoakan agar wabah virus ini bisa segera berakhir. Yang terinfeksi bisa segera sembuh,” kata Direktur KLH Imam Rochani usai acara Ruwatan Kali Surabaya.

Dengan mewabahnya COVID-19, ia juga mengajak masyarakat peduli terhadap kebersihan lingkungan dan menggunakan air secukupnya. Ia juga mengimbau warga tidak mencemari air dan memanfaatkan air seadil mungkin.

Dengan dihadiri sekitar 200 undangan, acara istighosah yang diisi dengan doa bersama itu juga memohon agar wabah Corona cepat sirna. “Dengan pemahaman dan doa dari kyai tadi sudah disampaikan juga pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dengan pola hidup bersih dan sehat,” ungkapnya.

Ia juga meminta masyarakat cepat sadar dengan memahami kondisi air yang ada dengan tidak membuang sambah dan mengotori sungai dengan limbah. “Harapan kami semua punya peduli air dan saling mendoakan untuk mengentas semua masalah Corona yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Sebagai upaya preventif dalam pelaksnaan ruwatan dan istighosah itu, pihaknya juga menggelar kegiatan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang dianjurkan pemerintah di tengah wabah Corona saat ini. SOP yang diberlakukan, yakni lokasi acara sudah disemprot disinfektan terlebih dahulu.

Seluruh undangan yang hadir juga dicek suhu tubuh menggunakan thermal gun oleh petugas dari Banser NU. Saat masuk, peserta istighosah juga diwajibkan cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer yang telah disiapkan. Bahkan, untuk menjaga ketahanan tubuh dan daya imun, disiapkan pula minuman antibodi dengan bahan rempah-rempah bagi peserta.

Ketua RW 1 Kelurahan Warugunung, Rudianto mengapresiasi dan menyatakan dukungan penuh pada acara Ruwatan Kali Surabaya dan istighosah tersebut. “Kemarin kami juga adakan kegiatan penyemprotan disinfektan, baik di lokasi ruwatan dan di seluruh wilayah RW 1,” ujarnya.

Ia pun mengimbau warganya agar tetap menjalankan pola hidup bersih dan sehat. “Alhamdulillah semua masyarakat mendukung menjaga kebersihan lingkungan agar bisa terjaga dengan bersih dan baik,” pungkasnya.@sarifa