LENSAINDONESIA.COM: Dalam kunjungannya di Kecamatan Belitang II, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) H. Lanosin Hamzah, menyampaikan sejumlah gagasannya terkait pembangunan daerah. Khususnya program pembangunan desa yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

Kunjungan adik kandung Gubernur Sumsel Herman Deru tersebut, sekaligus menghadiri acara Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAWA di Musholla Al-Ikhlas, Desa Tanjung Kemuning, Kabupaten OKU Timur, pada hari Minggu (22/03).

“Masyarakat OKU Timur, khususnya yang tinggal di Belitang II mari kita pererat tali silaturahmi untuk bersatu dalam mewujudkan cita-cita pembangunan di OKU Timur,” ujar pria yang akrab disapa Enos, di sela-sela sambutannya.

Enos juga menjelaskan bagaimana pentingnya peran desa dalam mewujudkan kemajuan daerah khususnya di Kabupaten OKU Timur. Menurut Enos, kemajuan daerah bahkan kemakmuran masyarakat harus dimulai dari penataan sistem pembangunan desa.

Karena itu, pria yang akan berpasangan dengan HM. Adi Nugraha Purna Yudha (Yudha) ini juga menegaskan, pihaknya akan melakukan sinergi di berbagai sektor dengan pemerintah provinsi untuk program yang berkaitan dengan pembangunan desa.

“Kita akan mengupayakan ambil alih pembangunan desa yang berasal dari dana desa dengan dana APBD Kabupaten dan Provinsi, sehingga anggaran tersebut bisa dialokasikan fokus untuk program sejehteraan masyarakat desa,” terang Enos.

Dia pun menambahkan, anggaran pemerintah mulai dari pemerintah pusat hingga desa tidak harus terserap semua untuk infrastruktur. Menurutnya, pemerataan infrastruktur memang sangat penting, tapi lanjut Enos, pemberdayaan untuk kesejahteraan masyarakat juga sangat penting.

“Tentu ke depan program pembangunan di desa harus direncanakan dengan baik dan matang, dan yang paling penting adalah adanya singkronisasi dengan misi pembangunan Kabupaten OKU Timur,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Suranto (37) warga Desa Tanjung Kemuning, Kecamatan Belitang II, mengapresiasi apa yang menjadi gagasan Enos untuk kemajuan OKU Timur.

Suranto pun berharap, jika kelak Enos terpilih menjadi pemimpin di OKU Timur bisa mejadi sosok Herman Deru yang begitu perhatian terhadap masyarakat OKU Timur.

“Kami pasti mendukung pak Enos di Pilbup nanti, gagasannya soal pembangunan desa sangat bagus. Semoga bisa terealisasi dan mampu menjesahterakan masyarakat khususnya di Belitang,” ungkapnya.

Masih kata Suranto, Ia menambahkan, bahwa masyarakat perlu dilibatkan dalam pembangunan khususnya kalangan muda, seperti anak muda yang ada di karang taruna. Menurutnya, organisasi karang taruna yang saat ini terlihat tidak aktif diharuskan untuk hidup kembali.

“Pak Enos masih berjiwa muda, organisasi karang karuna perlu di bina untuk menjadi bagian dari pembangunan desa yang maju. Kami doakan pak Enos bisa memimpin OKU Timur,” pungkasnnya.@licom