LENSAINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memperpanjang masa libur atau belajar di rumah bagi siswa SMA/SMK di Jawa Timur, yakni hingga 5 April 2020 mendatang.

Awalnya, Khofifah menyatakan akibat pandemi virus Corona atau COVID-19, siswa SMA/SMK di Jatim diliburkan dari 16-29 Maret 2020. Namun kini diperpanjang karena sejumlah daerah di Jatim telah terjangkit virus Corona.

Tak hanya itu, jadual Ujian Nasional (UN) SMA yang harusnya diadakan 30 Maret 2020, juga dinyatakan diundur menjadi 6 April 2020.

“Tadi malam, rapat dengan tim OPD, kita ambil keputusan, proses belajar di rumah bagi siswa didik, sampai 5 April. Dengan demikian, yang seharusnya UN bagi siswa SMA 30 Maret, diundur menjadi 6 April,” ungkapnya dihadapan puluhan awak media di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (22/03/2020) sore.

Ia meminta, para kepala sekolah dan Kepala Dinas Cabang Pendidikan standby untuk mengoordinasikan hal ini dengan Kepala Dinas Pendidikan Jatim.

“Karena tanggal 30 Maret yang semestinya UN, ditunda jadi 6 April, tetap mereka harus menyelesaikan persiapan penyelenggaraan UN, kita minta mereka standby kalau ada rapat koordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan Jatim,” tandas dia.@sarifa