LENSAINDONESIA.COM: Pasokan 800.000 alat tes (test kit) virus Corona atau COVID-19 dari China telah tiba di Jakarta pada Senin (23/03/2020). Alat tes virus tersebut dikirim melalui kargo Maskapai Xiamen Airlines.

Kantor Xiamen Airlines di Jakarta mengatakan bahwa kargo tersebut, yang terdiri dari puluhan ribu sarung tangan medis dan 17 ton pasokan pencegahan epidemi lainnya, sudah mendarat di sebuah bandara internasional di Jakarta.

 

Setelah menerima permintaan dari pemerintah Indonesia dua hari lalu, Xiamen Airlines mengatakan perusahaan segera mengoordinasikan pihak terkait di China dan menyiapkan dan dengan aman pengangkutan kargo ke Indonesia dalam waktu 48 jam.

 

Kantor Xiamen, seperti dikutip Xinhua, menambahkan bahwa ini adalah penerbangan internasional pertama maskapai setelah pecahnya pandemi COVID-19.

 

Indonesia melaporkan kasus pertama COVID-19 tiga minggu lalu. Jumlah kasus hingga hari ini mencapai 514 dengan 48 kematian. Sebanyak 29 pasien berhasil disembuhkan dan sisanya masih dalam perawatan.@LI-13/sin