Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pelanggan aktif di rumah, trafic data XL Axiata lonjak 10 persen
Peningkatan kapasitas jaringan data XL Axiata sudah jauh hari dilakukan guna mengantisipasi lonjakan di momen penyebaran birus Corvid-19 di Indonesia. Ist
HEADLINE TECHNO

Pelanggan aktif di rumah, trafic data XL Axiata lonjak 10 persen 

LENSAINDONESIA.COM: Efek dari penyebaran virus Corvid-19, melalui gerakan kerja dan belajar di rumah, trafik data XL Axiata melonjak rata-rata 10 persen secara nasional dibanding hari biasa.

Data tersebut dari pusat pemantauan jaringan Customer Experience and Service Operation Center.

Khususnya pada aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah trafiknya naik hingga 48%. Khusus Jawa Timur, kenaikan trafik data didominasi Kabupaten Ngawi hingga mencapai 15%.

(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, selain Lebaran dan Natal/Tahun Baru, ini merupakan kenaikan trafik data secara nasional tertinggi. Kenaikan trafik tertingginya mencapai 15% dibanding hari biasa. Penyebab utamanya akses layanan data penunjang kerja dan belajar dari rumah. Selain itu, program dukungan XL Axiata dengan berbagi free 2GB per hari untuk akses ke layanan data tertentu itu dimanfaatkan pelanggan di sejumlah daerah.

“Kami akan terus memantau situasi dan kondisi yang ada, untuk menyiapkan jaringan lebih lanjut sebagai antisipasi dalam menghadapi segala kemungkinan yang muncul di hari-hari mendatang,” papar Gede dalam keterangan resminya, Senin (23/03/2020).

Ia menambahkan, pada sepekan terakhir, pihaknya belum menambah kapasitas jaringan sebab sudah dipersiapkan untuk menampung kenaikan trafik hingga 2x dari trafik hari normal.

“Kami juga mengerahkan mobile BTS (MBTS) untuk lokasi-lokasi yang memerlukan, juga merekayasa pengalihan trafik ke jaringan yang lebih longgar,” tandas Gede.

Diukur dari lokasi, selain Jawa Timur, kenaikan trafik data juga disusul Kabupaten Barru 19%, Kabupaten Bulukumba 18%, Kab Pinrang 18% di Provinsi Sulawesi Selatan, Kab Dompu 15% di Provinsi Nusa Tenggara Barat, di Kabupaten Tabanan 10% di Provinsi Bali, serta Provinsi Sulawesi Utara di Kabupaten Minahasa Utara 4%.

Sementara itu, Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit mengungkapkan, pihaknya terus berupaya menjaga performa jaringan di seluruh wilayah Jawa Timur.

“Seiring berlakunya social distancing atau tetap tinggal di rumah saja kepada seluruh warga. Berarti kebutuhan atas layanan internet dan data, juga layanan telekomunikasi lainnya kemungkinan besar akan terus meningkat,” tegas Bambang.

Secara Nasional, Layanan data yang paling tinggi kenaikannya berturut-turut menurut jenisnya adalah Ruang Guru 48%, Netflix 46%, Facebook 11%, Whatsapp 10% dan Mobile Legend 8%.@Rel-Licom