LENSAINDONESIA.COM: Sudjiatmi Notomhardjo dimakamkan di Pemakaman Keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karangannyar, Jawa Tengah, Kamis (26/03/2020).

Prosesi pemakaman yang dihadiri keluarga besar Jokowi itu berlangsung sekitar pukul 13.00 WIB.

Saat peti jenazah diusung oleh personel Paspampres, tampak putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming membawa foto almarhum Sudjiadmi.

Sedangkan ketika proses pemakaman akan dimulai, Presiden Jokowi langsung turun ke liang lahat untuk membantu penguburan jenazah ibundanya.

Dalam foto kiriman Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kepada wartawan, Jokowi yang berkemeja putih, celana hitm dan berkopiah tampak bersiap membantu langsung penguburan jenazah.

Tradisi Jawa tampak sangat dipegang teguh oleh keluarga besar Jokowi. Sebelum mengantarka jenazah ibunda ke peristirahatan terakhir, presiden dan seluruh keluarga melakukan ‘brobosan’.

Dalam tradisi brobosan, Jokowi sebagai anak lak-laki tertua bersama anak perempuan, cucu laki-laki dan cucu perempuan ‘mbrobos’ (berjalan membungkuk) di bahwah peti mati. Brobosan ini dilakukan secara berurutan selama tiga kali.

Sebelum dibawa ke lokasi pemakaman, jenazah Sudjiatmi disholatkan d Masjid Baiturrachman yang letaknya sekitar 100 meter dari rumah duka.@LI-13/ant