LENSAINDONESIA.COM: Pusat Grosir Surabaya (PGS) tutup untuk sementara waktu.

Pusat grosir yang terletak di Jl Gundih, Bubutan, Surabaya ditutup karena dampak pandemi Corona Virus Disease atau (COVID-19).

Bersarkan pengumuman pihak menajemen, PGS ditutup sementara waktu mulai Minggu 5 April 2020.

Dalam surat pengumumannya, Manager Operasional PGS, Agung Santoso menyampaikan, bahwa pihak manajemen akan memberlakukan beberapa kebijakan, diantaranya dilakukan penyemprotan, membuka posko bagi pedagang dan pedagang dilarang masuk.

Penutupan PSG untuk sementara waktu ini sebagai tindak lanjut dari surat pemberitahuan Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nomor: 443/15473/346.7.2/2020 tanggal 4 April 2020. Dalam surat tersebut Dinkes Surabaya menyampaikan bahwa ada 4 orang terdiagnosa COVID-19 yang berkerja dan memiliki toko di lantai 2,3 dan 4.

“Iya benar akan ditutup sampai empat belas hari kedepan. Kami mengikuti arahan pemkot dari Dinas Kesehatan dalam surat disebutkan empat pekerja di beberapa lantai PGS positif Corona. Tapi tidak desebutkan detail,” kata Agung Santoso memberikan keterangan, Sabtu (04/04/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi M. Fikser ketika dikonfirmasi membenarkan ada instruksi dari Pemkot Surabaya untuk menutup sementara gedung PGS.

Kata Fikser, pihaknya sebelumnya telah melakukan komunikasi dengan General Manager (GM) Pasar PGS terkait penutupan sementara pasar tersebut. Alhasil, pihak manajemen pun merespon baik keputusan itu, lantaran demi kebaikan dan keselamatan warga Surabaya.

“Sudah dijelaskan dan mereka oke (setuju). Seluruh pedagang diminta untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Jadi sudah clear,” kata Fikser di Balai Kota Surabaya, Sabtu (04/04/2020).

Sebelumnya, Pemkot Surabaya juga menutup sementara Pasar Kapasan setelah salah satu orang yang biasa di tempat tersebut dinyatakan positif virus Corona.

Terkait kasus COVID-19 di Pasar Kapasan, Fikser menyampaikan, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya dan sudah menyepakati keputusan penutupan .

Kata dia, penutupan dimulai Minggu 5 April sampai 14 hari ke depan.

“Kalau Pasar Kapasan lewat PD Pasar Surya, sudah sepakat juga. Penutupannya mulai besok sampai 14 hari ke depan,” terangnya.

Menurut ia, pihaknya tengah melakukan penyemprotan secara menyeluruh. Tidak hanya di dalam mal atau pasar, tetapi di area sekitar juga ikut disemprot hingga perkampungan. Bahkan, alat yang digunakan pun tidak hanya menggunakan mobil PMK, tetapi juga pesawat drone.

“Dari tampak depan pasar, belakang, samping, masuk ke dalam perkampungan padat penduduk,” ungkapnya.@wan