LENSAINDONESIA.COM: Dalam situasi pencegahan sebaran virus COVID-19, Telkomsel mengkampanyekan gerakan #DiRumahTerusMaju.

Aksi ini merupakan gerakan solidaritas untuk bersama menjaga Indonesia dengan menyinergikan seluruh aset di ekosistem digital Telkomsel dalam bidang e-learning, e-health, e-commerce, e-donation, entertainment, serta menggandeng pelaku industri terkait sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

General Manager Consumer Sales Region Jawa Timur Telkomsel Erick Noviantoro mengatakan, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, Telkomsel komitmen berperan sebagai connectivity enabler untuk menjaga masyarakat dapat terus terhubung dan bermanfaat bagi satu sama lain.

“Telkomsel menyadari tidak bisa berjalan sendiri, sehingga melalui #DiRumahTerusMaju, Telkomsel memaknai semangat gotong royong didorong pemerintah RI dengan menyinergikan ekosistem digital yang telah kami bangun,” ujar Erick dalam keterangan resmi yang diterima Lensaindonesia.com, Senin (06/04/2020).

Ia menambahkan, kendati dengan kondisi karyawan dan mitra Telkomsel yang menerapkan working from home (WFH), kondisi ini tak mengurangi kualitas layanan Telkomsel untuk pelanggan. Halnya pemesanan melalui instant messaging di beberapa outlet merupakan dukungan untuk program physical distancing yang dicanangkan pemerintah.

“Sebagai tanggung jawab sosial kami, Telkomsel juga memberikan 100 perdana simPATi dengan paket data 6,5 GB kepada BNPB di Surabaya untuk membantu operasional BNPB di Surabaya dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini. Melalui LinkAja, juga memberi bantuan masyarakat melalui program ‘Telkomsel untuk Bangsa dan Kemanusiaan’ yang akan disalurkan oleh mitra donasi Telkomsel kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 (Petugas Medis, Keluarga Pasien, dan membantu menggerakkan sektor ekonomi melalui UKM).” tandas Erick.

Sebagai antisipasi lonjakan trafik komunikasi di Indonesia, Telkomsel telah melakukan upaya pengamanan akses jaringan dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz semenjak diberlakukan social distancing.

General Manager Network Operation and Quality Management Region Jawa Timur Telkomsel Permata Jaya Simarmata menyampaikan, sejak awal periode working from home yang 15 Maret lalu, di Jawa Timur, Telkomsel penggunaan data melonjak sekitar 13% dengan intensitas penggunaan internet oleh setiap pelanggan selama sekitar 6-8 jam per hari. Peningkatan trafik data didominasi lokasi perumahan, khususnya perumahan dosen serta beberapa rumah sakit.

“Jika dikategorikan berdasar daerah, secara berurutan Mojokerto, Malang, Surabaya, dan Jombang mengalami peningkatan penggunaan data tertinggi di Jawa Timur,” papar Permata.@Rel-Licom