LENSAINDONESIA.COM: Antisipasi sebaran virus civod-19, Karang Taruna (Karta) Patriot, Desa Brumbungan Lor, Kecamatan Gending, Probolinggo menggunakan sistem check point.

Faqih Rizky Muhammad, Ketua Karta Patriot memaparkan, sejak wabah Corona menjadi viral, bersama anggotanya ia mulai aktivitas pencegahan. Sebelumnya, anggota Karta Patriot mempelajari berbagai informasi terkait Virus Corona ini dan penyebarannya.

“Usai mendapat informasi terkait protokol pencegahan Virus Corona, kami mendiskusikan dengan teman-teman Karta untuk membuat tempat pemeriksaan atau check point bagi orang yang masuk ke desa. Ini merupakan cara sederhana kami mengantisipasi Corona,” ujar Faqih kepada awak media, Minggu (10/04/2020).

Ia menambahkan, ada dua cek point yang dibangun Karta Patriot di desa berpenduduk 2.600-an warga ini.
“Begitu ada warga yang masuk desa, kami cek kesehatannya. Kami juga minta membersihkan diri, terutama cuci tangan,” tandasnya.

Karta Patriot yang tergabung dalam Komunitas Heppiii Community ini menjadikan check point sebagai sarana penting pencegahan Corona masuk desa. Sebab banyak warga Desa Brumbungan Lor bekerja di perantauan seperti Bali, Malang, dan Surabaya.

Untuk perantau, lanjutnya, saat mereka pulang kampung atau mudik, wajib dikarantina. Untuk itu, tim Karta Patriot berkoordinasi dengan petugas kesehatan menyiapkan salah satu penginapan sebagai tempat Karantina.

“Bagi pemudik yang datang ke desa harus masuk Karantina dulu. Lokasi penginapannya sekitar delapan kilometer dari desa kami,” tutur Faqih.

Sementara itu, Koordinator Heppiii Community Probolinggo, Febri Suryanto mengapresiasi kreatifitas dan inisiatif sejumlah Karta di Probolinggo guna membantu pemerintah dan petugas medis mencegah wabah Corona.

“Peran Karta untuk menanggulangi wabah Corona ini sangat positif dan luar biasa. Desa merupakan salah satu kunci mencegah sebaran virus ini. Dengan gotong royong warga bersama Karta, semoga wabah ini segera berlalu,” tegas Febri.

Ada sepuluh anggota Karta Patriot Brumbungan Lor yang menjadi anggota penanggulangan Corona. Sejak dibangun pada Sabtu pekan lalu hingga Jumat (10/04/2020) lalu, ada enam warga yang menjalani karantina selama 14 hari. Mereka masih dalam status orang dalam pemantauan (ODP).

Hingga kini, Desa Brumbungan Lor masih bersih dari Virus Corona. Anggota Karta Patriot terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada warga masyarakat. Kampanye hidup bersih dan penggunaan masker saat keluar rumah terus dikampanyekan.@Rel-Licom