LENSAINDONESIA.COM: Koordinatoriat PSSI Pers kembali menggalang donasi untuk ‘melawan’ pandemi Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19.

Upaya penggalangan dana melalui lelang jersey klub dan milik para pemain bintang.

Ketua PSSI Pers, Zainal Hasan, mengatakan lelang jersey ini merupakan hasik kerjasama dengan beberapa klub Liga 1 yang dimotori para media officer.

Progam sosial ini diprakasai pertama kali oleh media officer TIRA-Persikabo, Nandang Permana. Setelah itu beberapa media officer mengumpulkan jersey asli klubnya untuk kemudian dilelang, yang kemudian dimotori PSSI Pers.

“Ini merupakan progam sosial kedua kami untuk melawan Virus Corona. Lelang ini dilakukan secara transparan, jujur, dan adil. Nantinya hasil penjualan seluruh jersey dalam lelang ini akan didonasikan bagi orang yang kekurangan, atau mendapat dampak negatif dari virus Corona,” kata Zainal Hasan.

“Jadi begini, sekarang Pemerintah Republik Indonesia membelakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. Beberapa orang yang kurang atau bercukupan rendah dalam hal ekonomi, harus kekurangan pendapatan atau kehilangan pekerjaan. Misalnya para penyapu jalan hingga buruh harian. Jadi hasil donasi pelelangan jersey akan disalurkan kepada mereka. Nantinya kami akan rundingkan selanjutnya berbentuk sembako yang akan kami langsung salurkan. Atau uang yang akan disalurkan kepada yayasan terpecaya untuk selanjutnya diberikan kepada penerima,” lanjutnya.

Pelelangan jersey akan dilakukan di akun resmi Instagram PSSI Pers, @pssi.pers mulai Jumat 17 April 2020.

Tata cara pelelangan bisa dilihat juga di akun resmi Instagram PSSI Pers tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para media officer klub yang sudah berpartisipasi dalam progam ini. Selanjutnya, kami juga masih menunggu para klub lainnya yang belum berpartisipasi untuk ikut serta. Ini pun tentu tanpa paksaan,” ujar Zainal.

Sebelumnya, PSSI Pers sudah melakukan aksi penggalangan dana untuk melawan Virus Corona, dalam bentuk membantu tenaga medis sebagai garda terdepan. Dana yang terkumpul dari kegiatan penggalangan dana selama tiga pekan sebanyak Rp 24.550.000.

Hasilnya, PSSI Pers sudah menyumbang 1000 masker dan 50 hand sanitizer kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, Kamis 9 April 2020.

Tak hanya itu saja, PSSI Pers juga menjadi jembatan Persija Foundation untuk menyalurkan bantuan 10 liter hand sanitizer dan 120 liter susu. Ini juga diberikan langsung untuk RSUD Pasar Minggu.

Selanjutnya, PSSI Pers akan menyumbangkan 150 Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis. Rencananya, APD akan disalurkan kepada Royal Hospital.

Berikut daftar jersey yang dilelangan PSSI Pers:

1. Arema FC (Jersey Home, Away, Cad. Size All L)
2. TIRA-Persikabo (Jersey Home Andy Setyo)
3. PSM Makassar (Jersey Home)
4. Persebaya Surabaya (Jersey Home dan Away)
5. Persita Tangerang (Jersey Home Samsul Arip Munip)
6. Persiraja Banda Aceh (Jersey Home)
7. Madura United (Jersey Home Jaimerson Xavier, Alberto Goncalves, Bruno Matos, Greg Nwokolo)
8. Persib Bandung (Jersey Home 2019 Kim Jeffry Kurniawan dan Beckham Putra)
9. Persela Lamongan (Jersey Home 2020 Eky Taufik dan Rafael Oliveira)
10. Barito Putera (Jersey Home, Away, dan Cadangan bertuliskan Rizky Pora, Bayu Pradana, serta Aleksander Rakic. Size All L)

Persebaya terlibat dalam kegiatan ini, ada 1 Jersey Home dan 1 Jersey Away Oktafianus Fernando yang sudah di tanda tangani. telah disumbangkan untuk dilelang.@fredy