LENSAINDONESIA.COM: Update data sebaran Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19 di Jawa Timur terus dibuka oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jatim.

Berdasarkan data terbaru, jumlah pasien positif COVID-19 di Jatim per hari ini, Jumat (17/04/2020) bertambah sebanyak 7 orang dan total keseluruhan ada 522 pasien se-Jatim.

Gubernur Jatim sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaskan meskipun ada penambahan pasien positif, namun pasien yang sembuh juga terus bertambah. Hari ini ada tambahan 4 pasien yang terkonversi negatif atau sembuh.

“Tambahan yang positif masih ada hari ini. Totalnya jadi 522, dari jumlah itu yang masih dirawat sebanyak 378 orang. Alhamdulillah juga untuk pasien sembuh juga ada tambahan 4 orang. Total pasien sembuh di Jatim hingga saat ini sudah ada 96 orang atau setara 19,4 persen,” kata Khofifah saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (17/04/2020) malam.

Untuk jumlah pasien positif COVID-19 yang meninggal hari ini ada tambahan 2 orang dan totalnya mencapi 48 orang.

“Kita kembali berduka. Ada pasien positif COVID-19 meninggal yakni 2 orang. 1 orang dari Lamongan dan 1 orang dari Surabaya. Total keseluruhan yang meninggal ada 48 orang atau sama dengan 9,2 persen,” paparnya.

Data pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 1.826 orang dan total yang masih diawasi tinggal 1.014 orang. Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan total sampai saat ini sebanyak 15.942 orang dan yang masih dipantau sebanyak 7.278 orang.

Gubernur Khofifah terus memberikan warning kepada masyarakat, karena kasus COVID-19 di Jatim terus merata sebarannya. Untuk bisa segera memutus mata rantai penyebaran virus corona hanya bisa dilakukan dengan social distancing atau tetap berada di rumah saja.

“Kalau kita mencegah diri kita dari penyebaran orang lain. Maka tetaplah tinggal di rumah saja, tolong jangan keluar berkumpul. Keluar boleh tapi untuk urusan yang sangat urgent dan pakai masker. Jika sudah selesai, segera pulang ke rumah,” tandas orang nomor satu di Jatim ini.@sarifa