LENSAINDONESIA.COM: Dalam menghadapi wabah Corona Virus Diasase 2019 (COVID-19) yang kian meluas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang membuat gebrakan membangkitkan kepedulian warganya terhadap lingkungan sekitar, yakni dengan melaksanakan Gerakan Bahagia Bersama Tetangga.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengatakan, Gerakan Bahagia Bersama Tetangga ini terpusat di masjid-masjid. Dimana seluruh warga akan saling bahu membahu mengulurkan tangan dalam meringankan beban saudara dilingkungannya. Khususnya memasuki bulan Ramadhan dengan langkah sederhana, yakni seperti memberikan buka puasa.

“Gerakan Bahagia Bersama Tetangga ini dimulai dengan menjalankan pendataan masyarakat di sekitar masjid yang memerlukan bantuan. Setelah itu, disiapkan anggaran, makanan, hingga proses pembagiannya,” jelasnya.

Mundjidah mengakui, bahwa pandemi virus Corona ini berdampak buruk bagi perekonomian masyarakat kecil secara luas. Karena itu, seluruh warga harus terlibat dalam gerakan ini agar semua orang terbebas dari berbagai kesulitan.

“Partisipasi warga sekitar juga harus dilibatkan dalam gerakan ini. Semua sedang dilanda kesulitan. Bukan hanya pasien virus Corona, masyarakat luas pun merasakan betul dampaknya,” tuturnya.

Karena itu, Mundjidah mengibau agar seluruh masjid di Kabupaten Jombang segara menjalankan gerakan ini.

“Takmir masjid bisa mengajak bekerjasama dengan pemilik warung untuk menyediakan makanan. Terlebih juga ikut membantu mengantarkan makanan sebelum berbuka puasa. Dan akan lebih baik lagi jika bisa disertai dengan makan sahur,”.

“Jadi, mari melakukan 3S, yakni Sholat, Sholawat, dan Sedekah,” pungkas Mundjidah.

Gerakan Bahagia Bersama Tetangga ini telah secara resmi di-launching oleh Bupati dan Wakil Bupati Jombang HJ Mundjidah Wahab-Sumrambah di Masjid Agung Baitul Mukminin, pada Selasa 23 April 2020 lalu.

Launching gerakan ini juga dihadiri Kapolres Jombang AKBP Boby Paludin Tambunan, perwakilan Kodim 0814 Jombang, Sekda Jombang Jazuly, Ketua Baznas Jombang Gus Diedin, serta Ketua Takmir Masjid Agung Baitul Mukminin.@adv/obi