LENSAINDONESIA.COM: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X kembali membedah Rumah Tidak Layak Huni di Desa Gempal, Kecamatan Pakusari-Jember.

Wilayah tersebut berdekatan dengan Kebun Kertosari, salah unit usaha tembakau milik PTPN X. Hal yabg sama sebelumnya dilakukan di Kediri pada 12 Mei 2020 lalu.

Direktur Utama PTPN X Dwi Satriyo Annurogo memaparkan, proses pengerjaan dua rumah ini memakan waktu kurang lebih 5 minggu dengan dana masing-masing rumah sebesar Rp 38 juta.

“Apresiasi ini merupakan bentuk terima kasih kami kepada warga Desa Gempal atas dukungannya kepada Kebun Kertosari. Sehingga Kebun Kertosari bisa terus beroperasi dan memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada lingkungan sekitar,” Dwi dalam keterangan resminya, Sabtu (16/05/2020).

Ia menambahkan, PTPN X juga memberikan bantuan terkait pencegahan virus COVID-19, yakni penyemprotan disinfektan, pembagian masker, pendirian 3 posko Pusat Informasi COVID-19 di Kediri, Jombang dan Jember, serta bantuan sembako kepada masyarakat terdampak.

“Kebun Kertosari memulai tanam perdananya pada 9 Mei lalu. Luasan area tanam tembakau yang ditargetkan mencapai 250 Hektar dengan target produksi basah sebesar 19.535 Kg/Ha dan produksi kering 1.870 Kg/Ha. Untuk kualitas tembakau ditargetkan NW 35%, 5% LPW, dan 50% PW. PTPN X optimis target-target tersebut terpenuhi dengan baik,” pungkas Dwi.@Rel-Licom