LENSAINDONESIA.COM: XL Axiata menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“Rapat”) 2020 sekaligus menetapkan susunan Direksi dan Dewan Komisaris, Senin (18/05/2020).

Rapat kali ini berbeda dari biasanya, mengingat kondisi di Indonesia masih fokus terhadap antisipasi penyebaran virus Covid-19.

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, rapat menyepakati pembagian deviden yang diambil dari keuntungan yang diperoleh XL Axiata untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2019. Sesuai kebijakan dividen yang dimiliki XL Axiata yang disetujui Dewan Komisaris pada 28 Januari 2011.

“Deviden tunai sebesar minimal 30% (tiga puluh persen) dari laba bersih yang dinormalisasi di tahun sebelumnya dengan maksud untuk meningkatkan rasio payout di masa mendatang,” terang Dian saat dikonfirmasi awak media lewat video conference.

Ia menambahkan, dividen yang akan dibagikan bergantung pada keuntungan Perseroan, tingkat kecukupan modal, kondisi keuangan dan lainnya sesuai pertimbangan Direksi serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Untuk tahun buku berakhir 31 Desember 2019 XL Axiata membukukan keuntungan sebesar Rp712.579.000.000 (tujuh ratus dua belas miliar lima ratus tujuh puluh sembilan juta Rupiah).​ Setelah penyesuaian one-off item, perseroan membukukan keuntungan usai penyesuaian sebesar Rp719.116.000.000 (tujuh ratus sembilan belas miliar seratus enam belas juta Rupiah). ​Sesuai dengan kebijakan deviden di mana 30% dari keuntungan pasca penyesuaian sebesar Rp215.735.000.000 (dua ratus lima belas miliar tujuh ratus tiga puluh lima juta Rupiah) akan didistribusikan kepada pemegang saham, setara dengan Rp20 (dua puluh Rupiah) per lembar saham. ​Sisa Rp 496.744.000.000 (empat ratus sembilan puluh enam miliar tujuh ratus empat puluh empat juta Rupiah) akan dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha XL Axiata,” papar Dian.​

Selain itu, dari persetujuan perubahan susunan Dewan Komisaris, Rapat juga menyetujui untuk mengangkat bebebrapa Direksi dan Dewan Komisaris baru, inilah susunannya:

Presiden Komisaris
Dr. Muhamad Chatib Basri

Komisaris
Tan Sri Jamaludin bin Ibrahim
Vivek Sood
Dr. David R. Dean
Dato’ Izzaddin bin Idris
Dr. Hans Wijayasuriya

Komisaris Independen
Yasmin Stamboel Wirjawan
Muliadi Rahardja
Julianto Sidarto

Presiden Direktur
Dian Siswarini

Direktur
Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin
Yessie D. Yosetya
Abhijit J. Navalekar
David Arcelus Oses