LENSAINDONESIA.COM: Skema kerja New Normal segera diterapkan Pelindo 3 usai Lebaran Idul Fitri 1411 H demi menggerakkan kembali roda ekonomi, khususnya dari aspek kemaritiman.

Penerapan skema tersebut sudah tertera pada surat edaran Menteri BUMN Nomor 336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.

Selama pandemi Covid-19 dan PSBB layanan jasa kepelabuhanan tetap beroperasi 24/7 (non stop) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, Pelindo 3 menerapkan sistem layanan kepelabuhanan berbasis internet, Port Operation Command Center atau (POCC). Di samping itu, juga menggunakan aplikasi single portal Integrated Billing System (IBS) yang memiliki layanan e-regristration, e-booking, e-tracking, e-payment, e-invoice, e-billing, dan e-care.Terbaru, sedang dilakukan ujicoba Epilot di pelabuhan Tanjung Perak diharapkan kapal bisa masuk dengan bantuan sistem digital.

Direktur Utama Pelindo 3, Doso Agung mengatakan, semua layanan tersebut merupakan sebuah web portal elektronik yang didesain khusus bagi para pelanggan dan bisa diakses secara daring dan mempermudah pelanggan Pelindo 3 dalam bertransaksi.

“Para pengguna jasa bisa menggunakan layanan daring dari Pelindo 3, sehingga tak perlu datang ke terminal/pelabuhan untuk mendapatkan layanan jasa kepelabuhanan dari Pelindo III,” papar Doso Agung dalam keterangan resminya, Jumat (22/05/2020).

Ketua DPC INSA Jawa Timur, Stenven H Lesawengen mengatakan, digitalisasi di Pelindo 3 memudahkan pihaknya sebagai pelaku logistik diantaranya meeting online, sebab sebelumnya harus ada pertemuan. Namun kini, secara online darimanapun kapal-kapalnya bisa terlayani dengan baik.

“Menurut saya, Pelindo 3 sudah sangat siap menghadapi era The New Normal, sebab semua layanan jasa kepelabuhanan bisa diselesaikan via online agar pengguna jasa lebih praktis, cepat dan efisien,” imbuhnya.@Rel-Licom