LENSAINDONESIA.COM: Situasi pandemi Covid-19 mengharuskan bersama untuk lebih disiplin dan saling menjaga dalam mengatisipasi penyebaran virus berbahaya ini.

Presiden Joko Widodo pun menginstruksikan Panglima TNI dan Kapolri untuk mengerahkan personelnya dalam menertibkan masyarakat agar lebih patuh selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB).

Pengerahan personel TNI- Polri akan berjaga di sejumlah ruang atau tempat publik. Masyarakat diharapkan menaati protokol kesehatan yakni mengenakan masker dan menjaga jarak fisik. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Mulai hari ini akan digelar oleh TNI-Polri, pasukan untuk berada di titik keramaian dalam rangka pendisiplinan. Lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB,” ujar Jokowi melalui siaran video YouTube Sekretariat Presiden, saat meninjau pemberlakuan protokol kesehatan di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Personel keamanan tersebut akan disebar secara efektif di empat provinsi serta 25 kabupaten dan kota mulai hari ini. Dalam kehadiran personil TNI-Polri ini di ruang publik ini, Presiden Jokowi berharap masyarakat menaati protokol kesehatan dan berjalan dengan baik.

Dengan menaati aturan dalam memutus mata rantai virus corona tersebut, diharapkan nantinya kurva penambahan kasus harian kasus positif Covid-19 akan menurun dan masyarakat bisa beraktivitas normal kembali.

“Kita harapkan nantinya dengan dimulainya TNI-Polri ikut secara masif mendisiplinkan masyarakat, menyadarkan masyarakat sehingga kita harapkan kurva dari penyebaran Covid-19 menurun,” jelas Jokowi.@licom