LENSAINDONESIA.COM: Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau Kampung Tangguh COVID-19, Rabu (27/05/2020).

Setelah mengunjungi Desa Sengon, rombongan bupati kemudian meninjau Kampung Tangguh yang ada di Desa Kepatihan, Kecamatan Jombang.

Seperti halnya Kampung Tangguh di Desa Sengon, di Kepatihan juga dibentuk ‘kampung’ serupa sebagai wujud kesiapsiagaan dan kemandirian masyarakat Kabupaten Jombang menghadapi bencana alam maupun non-alam termasuk pandemik COVID-19.

Bupati Mundjidah Wahab menyampaikan, Kampung Tangguh ini merupakan arketipe (contoh) upaya memutus rantai penularan virus COVID-19 dan menyiapkan masyarakat menuju kehidupan New Normal.

“Kampung Tangguh ini sebagai usaha memutus rantai penularan COVID-19 dan menuju kehidupan New Normal, dimana kami telah mulai memfokuskan titik yang paling dekat dengan masyarakat yaitu desa,” terangnya.

Selanjutnya, Kampung Tangguh ini akan diterapkan di seluruh desa di Kabupaten Jombang.

Dengan adanya kampung Tangguh COVID-19 ini, Mundjidah berharap setiap Desa di bantu Forkopimdes memfasilitasi dan mengarahkan masyarakat dengan adanya berbagai fasilitas juga mengedukasi tentang kedisiplinan warga.

Fasilitas yang dimaksud Mundjidah adalah adanya rapid test di tiap desa, jam masuk kampung, adanya lumbung pangan, pelatihan pembuatan handsanitizer, masker melalui KPMD, jam olahraga teratur serta meningkatkan kepedulian masyarakat dengan lingkungan sekitar.

“Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Jombang akan terus mendukung inovasi yang ada di setiap Desa Tangguh,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Jombang AKBP Boby Paludin Tambunan menambahkan,penerapan Kampung Tangguh ini telah disesuaikan dengan kearifan masyarakat Jombang. Adanya strategi kegiatan yang kordinatif antara masyarakat dan tiga pilar berlatar belakang mandiri dan gotong-royong.

Ada dua pilot project Kampung Tangguh di Jombang yakni Desa Sengon dan Kepatihan dan bisa menjadi acuan desa yang lainnya. Bagaimana membentuk masyarakat agar mandiri mempunyai ketahanan pangan, sehingga bisa memutus penyebaran covid di wilayah Jombang.

“Mudah-mudahan masyarakat bisa disiplin, karena kedisiplinan merupakan vaksin yang terbaik dalam situasi saat ini,” pungkasnya.

Kampung tangguh di desa Kepatihan tersebut ditinjau langsung oleh Bupati Jombang, Kabid Labfor Polda Jatim Kombes Haris Aksara Kapolres Jombang, Dandim 0814, Ketua DPRD Jombang, Sekda, Juru Bicara Gugus Tugas, Kabag Humas dan Protokoler, Camat Jombang.@obi