LENSAINDONESIA.COM: Pelindo 3 siapkan 50 ribu alat rapid tes Covid-19 gratis bagi warga di Jawa Timur.

Bantuan ini ditujukan kepada masyarakat maritim Jawa Timur, yakni pelaku logistik antar pulau, nelayan, masyarakat pesisir, warga di wilayah pelabuhan perikanan dan penyeberangan hingga warga di pondok pesantren dan masyarakat lain berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jatim dan BPBD.

Tahap awal, Pelindo 3 menggelar rapid test di Pelabuhan Jangkar Situbondo Jawa timur, kemudian Pelabuhan penyeberangan Ketapang di Banyuwangi. Selain itu, Pelindo 3 jemput bola dengan mendatangi titik aktivitas sehari-hari dengan melakukan test di zona-zona merah.

Direktur Utama Pelindo 3 Doso Agung mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat secara berkala akan menggelar rapid test tersebut. Diharapkan hal ini bisa membantu pemerintah dalam mendeteksi peta persebaran Covid-19 di Jawa Timur. Untuk tahap awal akan dilaksanakan pengetesan cepat sebanyak 5.000 rapid test.

“Kami akan jemput bola pada pelaksanaan bantuan rapid test gratis ini. Jadi tim kami bekerja sama dengan gugus tugas Pemerintah Daerah setempat yang mendatangi wilayah rawan penyebaran Covid-19. Kami ingin memberikan kesempatan sama bagi seluruh masyarakat untuk difasilitasi deteksi dini Covid-19 tersebut. Deteksi dini sangat bermanfaat pada pemetaan penyebaran Covid-19 di Indonesia,” papar Doso dalam keterangan resminya, Kamis (28/05/2020).

Sementara itu, Kepala Otoritas Pelabuhan Kelas Utama Pelabuhan Tanjung Perak M. Dahri menyampaikan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyambut baik bantuan Rapid Test Covid-19 digelar secara bertahap dari PT. Pelindo III untuk masyarakat maritim di Jawa Timur.

“Aturannya, untuk memutus penyebaran Covid-19 hingga ke daerah setiap calon penumpang harus menyertakan hasil rapid test. Kami berterima kasih kepada Pelindo 3 sebagai penyedia rapid test gratis, ini sangat membantu sekali dan merupakan bentuk sosialisasi layanan baru di pelabuhan penumpang.” tandas M. Dahri.

Pelindo 3 terus memperkuat teknis penanganan Covid-19 melalui RS Pelindo 3 yakni RS PHC Surabaya dengan membangun Laboratorium Swab PCR dan menambah fasilitas ruang isolasi dari 17 ruang menjadi 200 ruang isolasi untuk penanganan pasien Covid-19.@Rel-Licom