LENSAINDONESIA.COM: Pasca kunjungan Menteri Sosial Juliari P Batubara ke Panti Sosial Tresna Werdha di Bulak Kapal, Bekasi Timur, Kota Bekasi pada Rabu (27/5/2020), praktis para penghuni panti ini seolah mendapat suntikan semangat baru lantaran diperhatikan Menteri.

Penghuni panti yang di antaranya, termasuk warga berusia lanjut ini, memang tergolong usia yang imunitas tubuhnya rentan terpapar positip Covid-19. Namun, berkat pelayanan panti di bawah Departeman Sosial ini cukup memadai, mereka tentu bersyukur rumah penampungan warga usia lanjut ini mampu menjaga kesehatan para penghuni dari ancaman penularan Covid-19.

Kehadiran Menteri Juliari di panti Jl HM Djoyohartono 19 Bulak Kapal Kompleks Departeman Sosial RI, Margarahayu, Bekasi Timur ini, agaknya cukup membuat para penghuni senang dan gembira. Diharapkan rasa kegembiraan dan senang mereka berdampak suasana kebatinan bahagia dan senang hingga dapat meningkatkan daya imunitas alias tangguh di masa pandemi Covid-19.

Diperoleh keterangan, baru kali pertama ini panti sosial Tresna Werdha di Bulak Kapal dikunjungi Menteri Sosial khususnya Juliari, figure orang nomer 1 Kemensos yang bertanggungjawab tentang pelayanan nasib mereka. Apalagi, sejak memasuki masa pandemi Covid 19, suasana kebatinan para penghuni ini tak ubahnya masyarakat lain yang juga diliputi kekhawatir ancaman virus yang mencemaskan dunia.

Saat berkunjung di panti ini, Mensos Juliari sempat keliling area panti untuk mengecek fasilitas apa saja yang disiapkan pejabat setempat di area panti yang berkapasitas daya tamping 111 orang penghuni.

“Saya ke sini dalam rangka menjalankan tugas kenegaraan. Saya melakukan peninjauan bukan hanya kepada masyarakat yang memilik identitas saja. Para penghuni panti sosial pun warga negara Indonesia yang perlu kita perhatikan juga. Apalagi, keadaan pandemi seperti ini,” kata Juliari.

Wakil Walikota Dr. Tri Adhianto Tjahyono ikut mendampingi Menteri Sosial Juliari selama di Panti Departemen Sosial Tresna Werdha.
Mensos nampak ceria saat mengecek ada unit ambulance, arena bermain anak, rumah singgah, dan fasilitas kesehatan yang menjadi standar umum panti-panti sosial.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Tri (Wakil Walikota Bekasi, red), khususnya jajaran Pemerintahan kota Bekasi yang tidak henti-hentinya memberikan pelayanan terbaik bagi rakyatnya, dan tetap ada di garda terdepan dalam kepedulian sosial khususnya dalam hal pelayanan dan bantuan kepada masyarakat Kota Bekasi,” pungkasnya. @sofie