LENSAINDONESIA.COM: Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab berserta sejumlah kepala daerah di Indonesia melakukan video conference (Vidcon) dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Jumat (29/05/2020).

Video Conference tersebut dalam rangka peluncuran Lomba Inovasi Daerah Dalam Penyiapan dan Rencana Pelaksanaan Tatanan Normal Baru (The New Normal) Produktif dan Aman COVID-19 secara virtual yang diselenggarakan Kemendagri.

Tito Karnavian mengatakan, lomba  ini salah satunya bertujuan mendorong gerakan nasional untuk membuat dan melaksanakan protokol COVID-19 dari, oleh dan untuk daerah.

“Membuat kehidupan ekonomi dan aktifitas bisnis serta pencegahan penyebaran COVID-19 melalui protokol kesehatan yang dibuat oleh masing-masing pemerintah daerah,” kata Tito dalam Vidcon.

Ada tujuh sektor yang menjadi sasaran dalam lomba inovasi daerah ini yaitu, Pasar Tradisional, Pasar Modern, Sekolah, Restoran, Hotel, Pelayanan Terpadu serta Tempat Wisata.

“Dengan kriteria penilaian yaitu, kesesuaian protokol COVID-19, Aplikasi/Replikasi, Kreatifitas serta kolaborasi/kerjasama,” sebut Tito.

Lomba ini berbentuk video pendek (durasi 2 menit) yang merupakan simulasi new normal life pada 7 sektor dan diikuti seluruh Provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia.

“Hadiah berupa piagam serta memdapat Dana Insentif Daerah. Dengan total Hadiah yang disiapkan oleh Menteri Keuangan RI sebesar Rp150 miliar lebih,” ungkapnya.

Menanggapi perlombaan ini, Bupati Mundjidah mengatakan ,bahwa Kabupaten Jombang Kabupaten Jombang telah membentuk ‘Kampung Tangguh’ sebagai upaya memutus matarantai persebaran COVID-19 dan langkah penerapan new normal.

Kampung Tangguh di Desa Sengon dan Kepatihan tersebut saat ini menjadi project pilot. Kedepan, Kampung Tangguh tersebut akan dibentuk di seluruh desa di Kabupaten Jombang.

“Untuk menerapkan The New Normal tersebut, perlu kesiapan matang serta konsisten dalam menjalankan disiplin protokol kesehatan COVID-19,” terangnya.

“(Untuk perlombaan) Pemkab Jombang akan menyiapkan dan menjalankan disipilin protokol kesehatan COVID sesuai dengan yang disampaikan Menteri Dalam Negeri dalam video conference tentang inovasi daerah dalam menghadapi kehidupan new normal,” kata Mundjidah.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Jombang Budi Nugroho mengatakan, pihaknya telah memikirkan sejumlah inovasai lagi untuk dilombakan. Karena itu, pihaknya akan berkoordinasikan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu area inovasi yang akan dilombakan nanti.

“Area yang dilombakan diantaranya pasar tradisional, pasar modern, restoran, hotel, PTSP, tempat wisata, dan transportasi umum. Bupati pasti telah memiliki inovasinya,” kata Budi Nugroho.@obi