LENSAINDONESIA.COM: Di tengah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hadapi pandemi Covid-19 membuat pengemudi ojek online (Ojol) menuntut kreatif agar usaha yang tengah dilakukan tetap bisa berjalan. Hal ini seiring dengan langkah pemerintah dalam mempersiapan skenario New Normal di sektor transportasi.

Belakangan ini beredar di media sosial, pengemudi Ojol juga tengah menyiapkan kreasi baru untuk menyelaraskan kebijakan new normal tersebut untuk menghindari penyebaran COVID-19.

Ojol tengah dilarang mengangkut penumpang sejak PSBB diberlakukan di Jakarta dan beberapa kota sekitarnya. Dalam periode tersebut ojol hanya dibolehkan mengangkut barang atau untuk pembelian makanan.

Menyambut rencana akan berakhirnya PSBB Jakarta pada 4 Juni mendatang, Ojol pun bersiap diri akan kembali mengangkut penumpang. Dalam hal tersebut, Ojol diminta mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam menjalani new normal tersebut, Ojol berencana akan memasang penyekat di tubuh Ojol agar ada pembatas antara pengemudi dan penumpang. Hal ini untuk mencega potensi penularan penyakit COVID-19. Sebelumnya penggunaan penyekat ini muncul di akun Instagram @dramaojol.id.

Terlihat postingan pada Kamis (28/5) lalu, seorang driver Grab memakai penyekat atau partisi transparan. penyekat tersebut terbuat dari bahan fiber di tubuh sang pengemudi menggunakan tali temali serupa harness.

Yang menjadi pertanyaan tersebut adalah, mungkinkah hal itu akan menjadi protokol keamanan dan kesehatan baru yang akan digunakan oleh operator ojek online di Indonesia?

Igun Wicaksono dari Ketua Presidium Nasional Garda mengatakan, penggunaan penyekat tersebut untuk antisipasi melindungi mitra dan penumpang dari penularan virus COVID-19, terbuat dari bahan yang ringan.

“Kalau produksi kami terbuat dari bahan papan fiber yang ringan,” ujar Igun, Minggu (31/5/2020).

Diketahui, penggunaan partisi untuk menghindari penularan virus corona sudah diterapkan oleh beberapa pengemudi taksi online. Mereka membuat pembatas menggunakan material transparan yang melindungi antar kursi sopir dan penumpang.@licom