LENSAINDONESIA.COM: Pelindo III fasilitasi rapid test Covid-19 gratis untuk calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi, Selasa (02/06/2020).

Tim medis dari KKP setempat dan Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Daerah Banyuwangi sigap layani satu per satu calon penumpang dengan 3 ribu alat rapid test. Langkah ini dilakukan sebelum penumpang melintasi Pulau Bali dan Pulau Sapeken Madura.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo 3 Toto Heliyanto mengatakan, rapid test gratis di Ketapang Banyuwangi ini merupakan rangkaian agenda bantuan 50 ribu rapid test gratis yang digelar Pelindo 3. Terutama untuk masyarakat maritim, kampung nelayan, warga di pelabuhan hingga pondok pesantren.

“Kami jemput bola untuk pelaksanaan bantuan rapid test gratis ini. Jadi tim kami kerja bareng gugus tugas Pemerintah Daerah setempat yang datang langsung ke wilayah rawan penyebaran Covid-19. Kami ingin memberikan kesempatan sama bagi masyarakat untuk mendapat fasilitas ini. Deteksi dini sangat bermanfaat untuk pemetaan penyebaran Covid-19 di Indonesia,” tandas Toto.

Di kegiatan rapid test tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Ali Ruchi mengapresiasi Pelindo 3 yang berhasil menggelar program ini di pelabuhan yang dikelola Dinas Perhubungan.

Menurutnya, bantuan dari Pelindo 3 sangat bermanfaat bagi calon penumpang yang wajib menyertakan bukti bebas Covid-19 sebelum berangkat. Selain itu, juga membantu Pemerintah Daerah Banyuwangi mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi Pelindo 3 yang memfasilitasi rapid test gratis kepada teman-teman kami untuk tim dan calon penumpang, tentunya sangat bermanfaat sekali untuk memetakan sekaligus mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah penyeberangan dan pelabuhan khususnya kawasan pesisir Kabupaten Banyuwangi,”papar Ali.

Rencananya, pelaksanaan rapid tes gratis di pelabuhan penyeberangan Ketapang Banyuwangi akan di gelar sampai 4 Juni mendatang. @Rel-Licom