LENSAINDONESIA.COM: Alfiatus Sholehah, siswi SDN Pademawu Barat I, Pamekasan memperoleh fasilitas internet gratis hingga lukus SMA dari XL Axiata.

Fasilitas tersebut diperoleh lantaran Alfiatus telah mengirim surat kepada Mendikbud RI dalam rangka mengikuti lomba menulis surat untuk Mendikbud yang berisi keinginannya memperoleh bantuan paket internet untuk keperluan pelajaran sekolahnya yang disampaikan secara daring semanjak wabah Covid-19 hingga viral di sejumlah media dan sosmed.

Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit menyampaikan, sebagai market leader di Madura, tentu XL Axiata merasa bertanggung jawab atas problem masyarakat, termasuk para pelajar, terkait kebutuhan akses internet di sini.

“Kami mengapresiasi keberanian ananda Alfiatus ini dalam segala keterbatasan yang dihadapi agar tetap bisa belajar dan bersekolah kepada Mendikbud. Semangat belajarnya yang tinggi dan peka atas kondisi ekonomi orang tuanya. Sebab itu, kami langsung memutuskan untuk memberikan akses internet gratis tersebut hingga lulus SMA,” appar Bambang saat dikonfirmasi, Kamis (04/06/2020).

Donasi yang diberikan berupa seperangkat router dan kuota data 20GB per bulan selama 1 tahun. Donasi bagi Alfiatus dan sekolahnya ini merupakan bagian dari program Gerakan Donasi Kuota dari XL Axiata guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah hingga pelosok Tanah Air.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Pademawu Barat 1, Abdul Muheth, S.Pd., M.Pd mengatakan, adanya intruksi untuk belajar dari rumah bagi para siswa, terkait pandemi Covid-19, kepada semua siswa harus belajar secara online/daring.

“Ada salah satu persoalan yang kami hadapi adalah kemampuan akses internet para siswa, sebab tidak semua siswa merupakan keluarga yang mampu dan memiliki sarana untuk akses internet. Bantuan dari XL Axiata ini tentu sangat membantu Alfiatus, berikut bantuan router dan kuota gratis untuk sekolah kami,” imbuhnya.

Terkait dengan donasi tersebut, XL Axiata menggelar program gratis 2GB/hari yang berjalan sejak 18 Maret 2020 hingga 7 Juni 2020 menggunakan aplikasi Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Rumah Belajar, Kelas Pintar dan Sekolah.mu, Rumah Belajar, serta portal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (https://belajar.kemdikbud.go.id/).@Rel-Licom