LENSAINDONESIA.COM: Dalam update Covid-19, Pemerintah mencatat kasus positif virus corona hingga, Jumat (5/6) masih terus bertambah. Berdasarkan data hari ini, terdapat 703 kasus corona baru.

Sehingga, kasus positif total masyarakat yang terinfeksi telah mencapai 29.521 orang. Angka ini didapatkan dari 13.333 uji spesimen melalui polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM). Total spesimen yang telah diperiksa hingga hari ini mencapai 380.973.

Pemerintah juga mengumumkan, data untuk pasien yang sembuh dari corona sebanyak 551 orang. Dengan demikian, secara keseluruhan, ada 9.443 orang yang telah sembuh dari corona di Indonesia.

“Kasus meninggal naik 49 orang, sehingga totalnya 1770 orang,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (5/6/2020).

Selain itu, lanjut Yurianto, bahwa tambahan kasus corona terbanyak hari ini berasal dari Jawa Timur, yakni sekitar 141 orang.

Sementara pada posisi kedua disusul DKI Jakarta dengan angka penambahan kasus coronanya sebanyak 71 orang. Di Kalimantan Selatan, ada tambahan 71 orang yang dinyatakan positif corona. Kemudian, ada tambahan 58 orang yang dinyatakan positif corona di Jawa Tengah. Sementara itu, ada tambahan 54 orang yang terinfeksi corona di Sulawesi Selatan. Kemudian, ada sembilan provinsi yang melaporkan kenaikan kasus coronanya di bawah 10 orang.
“Ada tiga provinsi yang hanya melaporkan dua kasus baru, empat prov yang melaporkan masing-masing hanya satu kasus baru, dan enam provinsi yang tidak ada kasus baru,” terang Yurianto.

Adapun, Yurianto menyebut ada sebanyak 49.320 orang saat ini masih dalam pemantauan. Sedangkan, sebanyak 13.592 orang saat ini dalam kategori pasien dalam pengawasan (PDP).

“Sudah 420 kabupaten/kota yang terdampak di 34 provinsi,” papar Yurianto.@licom