LENSAINDONESIA.COM: Kota Bekasi siap memberlakukan protokol kesehatan pelaksanaan resepsi pernikahan yang dilakukan warga saat memasuki penerapan era new normal. Simulasi tata cara resepsi digelar di Gedung Grand Metropolitan Mall Bekasi, disaksikan Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Sabtu (12/6/20).

Pelaksaan resepsi perniahan di tengah pandemi Virus Covid-19 ini diwajibkan mengikuti protokol kesehatan dengan melalui tahapan-tahapan. Di antaranya, tata cara tamu undangan masuk gedung hingga meninggalkan acara.

Tahapan saat tamu berdatangan yakni, memasuki pintu masuk gedung akan dicek suhu tubuh dan disemprot menggunakan hand sanitize. Setelah tamu menjalani proses pengecekan, kemudian untuk mengisi buku tamu tidak perlu menulis, namun cukup menyebutkan nama dan alamat kepada petugas penerima tamu.

Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto memperagakan bagaimana sikap tamu dalam bersalaman dengan kedua mempelai tanpa harus berjabat tangan. @foto:sofie

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto selama memantau jalannya simulasi resepsi pernikahan di dalam gedung ini, juga memberikan arahan-arahan. Misal, bagaimana tata cara tamu undangan saat memberi salam kepada kedua mempelai tanpa harus berjabat tangan secara bersentuhan tangan.

Tri Adhianto mengatakan bahwa resepsi pernikahan di gedung ini dilakukan dengan standar protokol kesehatan secara ketat demi mencegah penyebaran virus Corona. Antara lain, semua tamu harus disiplin jaga jarak, memakai masker sampai dengan mencuci tangan. Bahkan, saat foto keluarga maupun foto mempelai dengan tamu pun harus tetap berjaga jarak.

“Ini bukan semata-mata tidak ingin dekat antara sesame. Namun ini untuk menjaga kesehatan antara diri kita masing-masing. Sehingga, kita bisa memutus rantai Virus Covid-19,” ucap Tri.

Tri Adhianto juga menegaskan bahwa Virus Covid-19 ini akan berlalu jika masyarakat tetap disiplin menjaga kebersihan, dan selalu memakai masker dimana pun berada.

Simulasi resepsi menjelang persiapan memasuki new normal ini juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kota Bekasi, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Wali Kota Bekasi, General Manager Grand Metropolitan Bekasi. Juga diikuti Jajaran Asosiasi Perusahaan, Jajaran Asosiasi Dekorasi Indonesia, Jajaran Himpunan Perias Indonesia, Himpunan Penata Acara Indonesia. @sofie