LENSAINDONESIA.COM: Perusahan Daerah (PD) Pasar Surya Surabaya mewajibkan pedagang pasar mematahui protokol kesehatan untuk mencegah penularan Coronavirus, salahsatunya memasang tirai plastik.

Pemasangan tirai plastik ini pedagang, khususnya di ‘pasar basah’. Seperti para pedagang yang menjual ikan sehingga air ikan tidak bercipratan kemana-mana. Sehingga tidak menjadi media penularan dari COVID-19.

Saat ini tirai bantuan Pemerintah Kota Surabaya tersebut telah dipasang di Puluhan Pasar yang dikelola PD Pasar Surya.

“Dalam pemasangan tirai plastik ini, kami mendapatkan bantuan dari Pemkot Surabaya. Pemasangan dilakukan Dinas Cipta Karya,” kata Direktur Pembinaan Pedagang PD Pasar Surya, M Taufiqurrahman.

Selain dipasang di Pasar Genteng dan Tambak Rejo yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai Pasar Percontohan oleh Pemkot Surabaya.

Tirai plastik juga dipasang di adalah Pasar Pabean, Wonokitri, Pakis, Simo Gunung, Lakarsantri, Pasar Simo, Pasar Pasar Kupang Gunung, Dukuh Kupang, Dupak Bandarejo, Krukah, Pucang Anom hingga Blauran Baru.

Tak hanya pada pasar-pasar tersebut saja yang telah dipasangi tirai Plastik di Pasar Kupang Gunung, Dukuh Kupang, Dupak Bandarejo, Krukah, Pucang Anom, Blauran Baru juga dipasangi Tirai Plastik.

Pemasangan tirai plastik ini bertujuan agar ada sekat yang membatasi pedagang dengan pembeli. Selain itu juga sebagai pelindung agar tidak ada interaksi langsung antara pedagang dengan pembeli. “Pemasangan tirai plastik ini agar ada sekat atau pembatas antara pedagang dengan pembeli. Selain itu juga sebagai pelindung agar tidak ada interaksi langsung antara pedagang dengan pembeli,” terangnya.

Hal ini dilakukan karena pembeli dan pedagang tak pernah tahu ada tidaknya Orang Tanpa Gejala yang beraktivitas di Pasar. Sehingga penerapan aturan Protokol Kesehatan yang ketat akan membuat Pedagang dan Pembeli menjadi lebih aman. Hal itu terjadi karena risiko penularan dari COVID-19 ini dapat diminimalisir. Demi mencegah munculnya pasien-pasien positif baru, serta klaster baru penyebaran virus Corona.

Mahibuddin selaku Direktur Teknik dan Usaha PD Pasar Surya menyatakan bahwa sosialisasi telah dilakukan di 67 pasar pengelolaan PD Pasar Surya yang bertujuan untuk membentukan Satuan Tugas (Satgas) pasar tangguh. Satgas ini terdiri dari unsur pengelola pasar dan perwakilan pedagang.

“Kami sudah mengumpulkan seluruh kepala cabang dan kepala pasar agar membentuk satgas yang melibatkan perwakilan pedagang di semua pasar yang kita kelola,” ungkap Muhibuddin.@budi