LENSAINDONESIA.COM: Ancaman Covid-19 hingga saat masih belum berakhir. Hal ini merujuk pada data peningkatan kasus di beberapa daerah di Tanah Air.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo saat melakukan konferensi pers di Istana Merdeka, Rabu (24/6/2020).

“Kita harus menyadari bahwa ancaman Covid-19 ini belum berakhir. Bahkan beberapa hari terakhir ini penambahan kasus positif Covid masih meningkat di beberapa daerah. Satu, dua, tiga provinsi masih tinggi angka positifnya,” ujar Jokowi.

Jokowi menyampaikan, bahwa masyarakat memiliki peranan besar dalam menekan jumlah kasus positif dan mencegah penyebaran di masing-masing wilayahnya.

Presiden pun kembali mengingatkan, agar masyarakat lebih mentaati atau disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharianya.

“Meski sudah berkali-kali saya sampaikan, saya mengajak masyarakat untuk disiplin mengikuti dan mematuhi anjuran-anjuran yang sering kita sampaikan. Gunakan masker, sering cuci tangan, jaga jarak yang aman dan hindari kerumunan,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi pun meminta agar masyarakat saling mengingatkan dan bersama-sama menerapkan protokol kesehatan. Hal ini penting karena protokol kesehatan harus menjadi kebiasaan baru saat ini.

“Saya sangat apresiasi gubernur, bupati, wali kota, satuan gugus tugas di daerah yang telah berhasil menekan kasus di daerahnya, menekan angka kematian di daerahnya,” ujar Jokowi.@licom