LENSAINDONESIA.COM: Terobosan ekonomi dalam meningkatkan gairah produk IKM/UMKM terus dilakukan. Kali ini, produk IKM di Kabupaten Jombang berhasil menembus market pasar modern.

Sebelumnya 11 produk telah masuk pasar modern terlebih dulu, dan kini kembali ada 7 produk IKM lokal telah masuk ke pasar modern lagi, Rabu (24/06/2020).

“Hari ini sudah 18 dari 50 produk IKM lokal Jombang telah masuk di pasar modern,” terang Bupati Jombang, Munjidah Wahab usai pemberangkatan secara simbolis 7 produk di pendopo setempat.

Kedepan, Bupati Jombang berharap, secara bertahap semua produk IKM lokal dapat masuk menyeluruh di pasar modern Jombang. Dengan masuknya produk IKM lokal ke pasar modern diharapkan mampu mendorong sektor ekonomi kecil menengah, mampu bersaing dengan produk-produk dari luar dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Indomaret yang telah memberikan support dan dukungan kepada pelaku usaha atau IKM yang ada di Kabupaten Jombang sehingga produknya dapat masuk ke Indomaret,” tuturnya.

Meskipun “ditengah pandemi Covid-19, akan tetapi produk yang dimiliki IKM masih dapat berjalan dan ditingkatkan. Tetap berjalan dab tetap buka sesuai dengan protokol kesehatan yang terus dilakukan,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Permamin Kabupaten Jombang Kuswantono mengatakan, banyak keuntungan yang didapat dengan masuknya beberapa produk IKM Jombang pada pasar modern seperti indomaret.

“Pertama, ini merupakan prestasi bagi IKM Jombang yang telah mampu bersaing di pasar modern yang merupakan inisiatif pemerintah daerah yang bersinergi, keuntungan yang lain adalah efisiensi,” ujarnya.

“Dengan produk IKM yng masuk ke Indomaret maka kita mendapatkan efisiensi dari segi tempat, tenaga kerja, listrik dan lainnya,” pungkasnya.@Obi