LENSAINDONESIA.COM: Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengumumkan  per Senin (29/6) pukul 08.00 WIB, jumlah warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) bertambah lagi. Kini jumlah totalnya menjadi 1.104 orang.

“Tambahan WNI terkonfirmasi #COVID19 di Qatar& Hong Kong (RRT), sembuh di Qatar& Kuwait. Total WNI terkonfirmasi COVID19 di luar negeri adalah 1.104,” demikian dari laman kemlu.go.id.

Dari 1.104 WNI yang terinfeksi, terdapat 741 atau 67% dari total kasus positif telah dinyatakan sembuh. Sementara itu, 287 menjalani perawatan dan 76 lainnya meninggal.

Selain itu, terdapat 180 WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di sejumlah kapal pesiar positif Covid-19. Lima di antaranya meninggal, 21 dalam kondisi stabil, dan 154 sembuh.

Di Malaysia, 167 WNI positif Covid-19. Dua meninggal, 118 stabil, dan 47 lainnya sembuh. Selanjutnya, Arab Saudi dilaporkan ada 162 WNI terjangkit coronavirus jenis baru. Sebanyak 33 di antaranya meninggal, 83 stabil, dan 46 dinyatakan sembuh.

Kuwait mengonfirmasikan 89 WNI positif Covid-19. Tiga di antaranya meninggal, 80 sembuh, sementara enam lainnya dalam kondisi stabil. Sebanyak 81 WNI terinfeksi di Amerika Serikat. Dari jumlah tersebut 16 meninggal, 17 stabil, dan 48 sembuh.

India dan Qatar masing-masing mencatat 75 WNI terjangkit Covid-19. Seluruhnya dinyatakan sembuh di India, sementara 68 sembuh, enam stabil, dan satu meninggal di Qatar. Uni Emirat Arab (UEA) melaporkan 54 WNI positif Covid-19 dengan rincian lima meninggal, tujuh stabil, dan 42 lainnya sembuh.

Singapura mencatat 52 WNI terjangkit Covid-19. Dua WNI meninggal, tiga stabil, dan 47 dinyatakan sembuh. Sebanyak 33 WNI di Pakistan terinfeksi dengan keterangan satu stabil dan 32 lainnya sembuh. Inggris mencatat 20 WNI terjangkit Covid-19. Tiga di antaranya meninggal dan 17 lainnya dinyatakan sembuh.

Terdapat 19 WNI terinfeksi di Rusia. Seluruhnya dinyatakan sembuh. Spanyol mencatat 13 WNI tertular coronavirus jenis baru. Seluruhnya dilaporkan sembuh. Selain itu, Jerman melaporkan 12 WNI terjangkit. Satu di antaranya meninggal, empat stabil, dan tujuh lainnya sembuh.

Masing-masing delapan WNI terinfeksi Covid-19 di Vatikan dan Belanda. Seluruhnya dinyatakan sembuh di Vatikan, sementara empat meninggal, satu stabil, dan tiga lainnya sembuh di Belanda. Brunei Darussalam dan Korea Selatan mencatat lima WNI terjangkit. Seluruhnya dinyatakan sembuh di Brunei Darussalam, sementara satu sembuh dan empat stabil di Korea Selatan.

Prancis dan Kanada masing-masing melaporkan empat WNI terinfeksi. Satu dalam perawatan dan tiga sembuh di Prancis dan seluruhnya dalam kondisi stabil di Kanada. Masing-masing tiga WNI di Taiwan, Italia, dan China khususnya Macau terpapar coronavirus jenis baru. Seluruhnya dinyatakan sembuh.

Australia, Belgia, Hong Kong, Jepang, Kamboja, Meksiko, Oman, dan Turki mengonfirmasikan masing-masing dua WNI terinfeksi. Kedua WNI di Australia dan Hong Kong stabil, kedua WNI di Belgia, Jepang, dan Kamboja sembuh. Masing-masing satu sembuh dan satu stabil di Meksiko dan Oman, serta satu sembuh dan satu meninggal di Turki.

Masing-masing satu WNI di Bahrain, Chile, Ekuador, Ethiopia, Filipina, Finlandia, Irlandia, Maladewa, Makedonia Utara, Mesir, Kazakhstan, Swedia, dan Thailand tertular Covid-19. WNI di Chile, Filipina, Maladewa, Mesir, dan Swedia masih menjalani perawatan dengan kondisi stabil. Adapun lainnya dinyatakan sembuh.

Hingga berita ini diturunkan, kasus Covid-19 secara global melampaui 10,1 juta. Lebih dari 501.000 di antaranya meninggal dan lebih dari 5,1 juta lainnya sembuh.@licom