LENSAINDONESIA.COM: Masyarakat yang berada di kawasan Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik) terus dipantau terkait protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Jawa Timur.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II Marsekal Madya TNI Imran Baidiru kembali turun lapangan, blusukan ke tempat keramaian.

Dipimpin oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, rombongan bersama dengan Forkopimda Jatim membagikan masker pemberian Presiden Joko Widodo  (Khofifah) khusus untuk warga Jatim.

Setelah beraksi di beberapa tempat, kini giliran Royal Plaza Surabaya yang jadi sasaran pantauan.

Marsekal Madya TNI Imran Baidirus bersama Khofifah berkeliling Royal Plaza untuk memberikan masker dan mengajak warga agar terus patuh menerapkan protokol kesehatan meskipun telah memasuki era new normal agar terhindar dari virus Corona.

“Targetnya agar masyarakat lebih disiplin dalam menggunakan masker, karena ini kuncinya (menekan kasus COVID-19) di masyarakat dalam kedisiplinan dan kesadaran masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan COVID-19,” kata Imran di Royal Plaza Surabaya, Selasa (30/06/2020) malam.

Dengan pemakaian masker, kata Imran, setidaknya 60 persen bisa mengantisipasi penyebaran virus karena sumbernya dari droplet (percikan air liur). Tak sekadar masker, namun juga ditambah dengan menjaga jarak sosial dan rajin mencuci tangan.

Sementara, Gubernur Khofifah juga tak henti-hentinya memberikan sosialisasi.

“Ayo pakai maskernya ya, ini pemberian Pak Presiden,” cetusnya pada pengunjung mall.

Selain itu, hadir pula Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansah, Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono serta sejumlah Kepala OPD Pemprov Jatim.

Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran menambahkan ini adalah lanjutan pembagian 2 juta masker yang diberikan oleh Presiden Jokowi kepada warga yang ada di Surabaya Raya.

“Forkopimda Jawa Timur akan terus membagikan masker kepada masyarakat, untuk sasarannya, kita sasar semuanya tidak terkecuali, terutama di tempat-tempat keramaian, seperti pasar, mall maupun yang lain. Semoga dengan pembagian masker ini bisa menjadi budaya di Surabaya,” imbuh Kapolda.

Seperti diketahui, dalam waktu dua pekan ini, Gubernur Khofifah ditarget Presiden Jokowi bisa menekan angka kasus COVID-19 Jatim yang jumlahnya terus meningkat, bahkan telah menyalip angka kasus COVID-19 di DKI Jakarta.@sarifa