LENSAINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur mengaku senang dengan upaya seluruh lapisan masyarakat di wilayahnya aktif berpartisipasi melawan pandemi COVID-19.

Seperti yang dilakukan oleh kelompok kerja (Pokja) Wartawan Pemprov Jatim menyumbang sebanyak 10 ribu masker kepada Pemprov Jatim.

“Terima kasih kepada teman-teman Pokja Pahlawan (Pokja Wartawan Pemprov Jatim) untuk kebersamaan yang sangat indah sekali bergotong royong melawan COVID-19,” ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (02/07/2020).

Menurut orang nomor satu di Jatim ini, adanya kegotongroyongan akan bisa membangun Jatim yang lebih baik lagi. “Dengan gotong royong, banyak hal yang kita inisiasi sehingga kita semua bisa menunjukkan Jawa Timur
menang melawan COVID-19,” harapnya.

Sementara, Ketua Pokja Wartawan Pemprov Jatim Fiqih Arfani menjelaskan tujuannya ikut memberikan sumbangan kepada Pemprov berupa masker kain dalam upaya mendisiplinkan dan membiasakan warga Jatim untuk terus patuh terhadap protokol kesehatan COVID-19.

“Dengan memakai masker maka efektivitas pencegahan penularan virus Corona hingga 60 persen, ini bisa menurunkan transmisi penularan di bawah 1.0. Jika sudah di angka 1.0, artinya virus ini akan menurun dan akan hilang dengan sendirinya karena tidak ditularkan pada yang lain,” imbuh wartawan Kantor Berita LKBN Antara Jatim ini.

Ia juga berharap para wartawan juga berperan aktif dengan melakukan sosialisasi sekaligus edukasi ke masyarakat tentang disiplin mematuhi protokol kesehatan.

“Wartawan tidak hanya mengimbau dengan tulisan, tapi dengan langkah nyata mengedukasi, minimal di lingkungan kerja maupun tempat tinggal masing-masing,” tandasnya.

Bantuan 10 ribu masker kain merah putih tersebut merupakan kerja sama antara Pokja Wartawan Pemprov Jatim dan Ari Lasso bersama Gerakan Memakai Masker Gratis (Gemas) serta Ikafe Unair Surabaya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut puluhan anggota Pokja Wartawan Pemprov Jatim yang juga secara simbolis bersama-sama mengenakan masker sebagai bentuk kampanye dukungan Gerakan Jatim Bermasker.

Selain Pokja Wartawan Pemprov Jatim, ada tiga komunitas lain yang ikut menyumbang sejumlah alat kesehatan kepada Pemprov Jatim. Yakni Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (Konjen RRT) di Surabaya menyumbang masker, APD, kacamata safety google dan ventilator. Kemudian, PT New Asia International menyumbang sebanyak 20 ribu masker medis dan thermo gun. Terakhir, yakni Yayasan Jembatan Persahabatan Indonesia Tiongkok memberikan 30 ribu masker medis dan ratusan thermo gun.@sarifa