LENSAINDONESIA.COM: Peringatan Haul Pahlawan Nasional dan Tokoh Penggerak Pendiri Nahdlatul Ulama KH Wahab Chasbulloh ke 49 digelar secara virtual, Kamis (02/7/2020).

Adapun rangkaian haul dimulai dengan testimoni dari alumni Pesantren Bahrul Ulum dari berbagai belahan dunia, Ahmad Fatin yang menempuh program S3 di Kanada, Halimatus Saidah pelajar S3 di USA, Nuraniah di Australia, Diana Mardanatillah di Al Azhar Kairo.

Juga salah satu alumni Bahrul Ulum yang menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. Dan Taushiyah diisi oleh KH Bahaudin atau Gus Baha.

Ida Fauziyah merasa bersyukur berkesempatan menjadi santri di Bahrul Ulum. Walau tidak secara langsung menjadi santri Mbah Wahab tapi bisa merasakan ghirah semangat perjuangannya.

Beliau sebagai cermin tauladan yang inspirantif dalam perjuangannya,” tutur Ida Fauziyah dalam testimoni Haul KH Wahab Chasbulloh melalui virtual.

Lebih lanjut Ida Fauziyah menyampaikan bahwa beliau mbah wahab merupakan tokoh dari berbagai bidang, selain ulama beliau juga aktif di politik dan memperkuat nasionalisme melalui perjuangan nahdlatul ulama.

“Membangun kemandirian ekonmi, menciptakan sumberdaya unggul, menjadi lima negara terbesar didunia yang memiliki kekuatan keagamaan melalui ahlussunnah wal jamaah dan nasionalisme,” ujarnya.

Tak hanya testimoni alumni pesantren Bahrul Ulum dari berbagai profesional dan bidang. Tokoh nasional juga turut hadir dalam haul virtual, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj.

Dan hadir dalam forum di Masjid Jami Bahrul Ulum Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansah, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, Rais Syuriah PBNU KH Miftakhul Akhyar.

Dalam pidato sambutannya, Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin juga bersyukur bisa menghadiri haul Tokoh besar yang punya peran dalam perubahan membangun kebaikan KH Wahab Chasbulloh walau melalui virtual.

“Semoga kita semua mendapat keberkahan atas haul yang dilaksanakan ini,” tuturnya.

Kiai Ma’ruf mengatakan bahwa KH Wahab Chasbulloh merupakan ulama luar biasa, seorang alim yang banyak melakukan kebaikan-kebaikan. Membangun kemaslahatan dan kemanfaatan, menghilangkan kerusakan dan bahaya baik menyangkut ummat juga bangsa dan negara.

“Beliau bersama ulama-ulama melalui organisasi nahdlatul ulama. Sesuai yang di katakan kiai hasyim itu organisasi yang melakukan perubahan menuju kebaikan sesuai tuntunan. Karena kiprahnya, sehingga beliau dianugerahi gelar kepahlawanan,” bebernya,” ujar Kiai Makruf.

“Beliau juga menyiapkan generasi penerus perjuangan dengan membangun melalui pesantren bahrul ulum. Karena beliau menyadari bahwa melakukan tugas perbaikan tidak selamanya, sehingga beliau menyiapkan dasar melalui perjuangan dan pendidikan di pesantren,” imbuh Kyai Ma’ruf.

Sementara itu, Panitia Haul KH Wahab Chasbulloh, Hj Mundjidah Wahab menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam pelaksanaan haul KH Wahab Chasbulloh ke 49.

Semoga haul melalui virtual ini yang terakhir. Semoga ke depan tidak ada lagi, karena selama ini haul dilaksanakan secara tatap muka. Karena masa pandemi, sehingga dilaksanakan secara virtual,” terang Putri Mbah Wahab.

“Semoga pandemi ini berakhir, dan kita selalu mendapat pertolongan dan keberkahan,” pungkas Hj Mundjidah, Bupati Jombang.@Obi