LENSAINDONESIA.COM: Menteri Kesehatan Zafar Mirza menyatakan bahwa dirinya positif terinfeksi COVID-19. Zafar Mirza merupakan menteri kedua di Pakistan yang terpapar virus Corona, setelah Menteri Luar Negeri Shah Mahmood Qureshi.

Diberitakan Straits Times, Senin 6 Juli 2020, dalam akun twitternya Zafar mengatakan dirinya menderita gejala ringan dan tengah menjalani isolasi.

“Saya telah dites positif untuk COVID-19. Saat ini berada di bawah perawatan medis dan saya tengah mengisolasi diri di rumah dan mengambil segala pengobatan yang diperlukan. Saya menderita gejala ringan,” kata Zafar dalam akun Twitter-nya.

“Mohon untuk tetap mendoakan saya. Untuk semua kolega, tetap bekerja keras. Kalian membuat perbedaan besar, dan saya bangga pada kalian,” Menkes Zafar.

Pekan lalu, Menlu Qureshi mengkonfirmasi dirinya juga terinfeksi COVID-19. Kasus COVID-19 di Pakistan meningkat berlipat ganda sejak pemerintah mengurangi lockdown pada pekan kedua Mei.

Pakistan saat ini tengah  melakukan lockdown selama dua bulan. Pemerintah Pakistan memperkirakan kasus-kasus di sana akan meningkat menjadi lebih dari satu juta pada akhir Juli. Bulan lalu, ketua gugus tugas COVID-19 Pakistan Atta ur Rahman mengatakan pihak berwenang meremehkan tingkat infeksi dan korban meninggal akibat virus.

Berdasarkan data John Hopkins University per 6 Juli 2020, infeksi COVID-19 di Pakistan menjadi 231.818 kasus. Di antara angka tersebut, kasus kematian mencapai 4.762 orang.@LI-13