LENSAINDONESIA.COM: Kasus positif COVID-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto menyampaikan, per Senin 6 Juli 2020, terdapat penambahan pasien positif sebanyak 1.209 orang. Sehingga total pasien positif COVID-19 di Indonesia saat ini mencapai 64.958 orang.

Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh, hari ini bertambah 814 orang. Sehingga pasien yang terbebas dari COVID-19 totalnya menjadi 29.919 orang.

“Pasien yang dinyatakan sembuh hari ini sebanyak 814 orang. Kita patut bersyukur,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Senin (06/07/2020).

Sementara itu, kasus meninggal bertambah 70, sehingga total menjadi 3.241 orang. Kemudian jumlah orang dalam pemantauan (ODP) hingga hari ini mencapai 38.748 dan pasien dalam pengawasan (PDP) 13.360 orang.

Virus ini telah menyerang 34 provinsi dengan total 455 kabupaten di Indonesia. Yuri menyebut banyaknya kasus menunjukkan virus korona masih ada di tengah warga tanpa disadari. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi diri agar tidak tertular.

“Jangan sampai kita tertular dan makin banyak yang tertular dan kemudian harus masuk ke rumah sakit, maka beban layanan rumah sakit akan semakin berat,” ujarnya.

Yurianto mengajak seluruh masyarakat untuk memutus penyebaran covid-19. Caranya, menjaga jarak, menghindari kerumunan, menggunakan masker, menerapkan etika bersin dan batuk.

“Kita harus bersinergi dari pusat, ke daerah, RT, dan RW. Ini harus kita lakukan,” tegas Yuri.@LI-13