LENSAINDONESIA.COM: Warga Kota Bekasi lega lantaran kotanya tergolong daerah yang dapat menjalankan Adaptasi Tananan Hidup Baru (New Normal) di tengah Indonesia masih dalam masa pandemi global Covid-19. Pemerintah Kota Bekasi pun mulai membuka kembali agenda Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau yang lebih dikenal dengan Car Free Day (CFD) pada setiap hari Minggu pagi.

Kebijakan dibukanya kembali CFD di Kota Bekasi ini berdasarkan hasil rapat bersama Pemerintah Kota Bekasi, unsur Polres Metro Bekasi Kota, dan unsur Kodim 0507/Bks.

Walau demikian, CFD di masa Adaptasi Tatanan Hidup Baru (New Normal) ini tetap mewajibkan warga patuh mengikuti protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19. Ini sesuai Surat Edaran Wali Kota Bekasi Nomor 660.1/ 3829/ DINAS LH tanggal 22 Juni 2020 yang diberlakukan bagi pengunjung CFD maupun para pelaku usaha.

CFD Adaptasi Tatanan Hidup Baru (New Normal) yang dimulai 5 Juli lalu ini, pelaksanaannya dipersingkat hanya 2,5 jam, mulai pukul 06.00 sampai 08.30 WIB. Sebelum masa pandemi Covid-19, CFD berlangsung pukul 06.00 sampai 10.00 WIB di sepanjang Jl. A.Yani Kota Bekasi.

Pemerintah Kota Bekasi mewajibkan warga yang mengikuti CFD harus melaksanakan protokol kesehatan, yaitu tetap menjaga jarak aman dengan orang lain, selalu menggunakan masker, dan membawa hand sanitizer.

Selain itu, untuk Ibu hamil, Lansia di atas umur 60 tahun, dan orang-orang dari segala usia yang memiliki kondisi medis serius dan memiliki risiko tinggi terhadap virus COVID-19 tetap dilarang beraktivitas di area CFD.

Selama pelaksanaan CFD, para petugas baik keamanan maupun tenaga medis akan ditempatkan di beberapa titik yang sudah ditentukan. Sehingga, kalau ada warga baik pengunjung CFD maupun pelaku usaha yang tidak mengikuti protokol kesehatan, petugas akan memberi teguran. @Yas/humas/sofie