LENSAINDONESIA.COM: Jumlah ASN dari Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Pemprov Jatim positif covid-19 terus bertambah setelah terakhir ada 21 orang yang menyusul terpapar virus Corona ini, termasuk Kepala Bappeda Jatim, Rudi Ermawan.

Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono, membenarkan Rudi Ermawan terpapar covid-19 dan kini menjalani perawatan di RSUD dr Soetomo. “Benar. Empat hari lalu beliau terdeteksi positif covid-19 dengan gejala sesak nafas dan saat ini dalam perawatan RSUD dr Soetomo,” terangnya, Kamis (9/7/2020).

Meskipun saat ini masih menggunakan alat bantu nafas, kondisi Rudi Ermawan sudah mulai stabil dan membaik di ruang ICU. “Kami mohon doanya agar beliau segera pulih sehingga bisa beraktivitas kembali. Ibu gubernur secara khusus juga sudah meminta agar pak Rudi konsen di penyembuhan dulu,” tegasnya.

Hingga saat ini, total sudah ada 15.516 ASN Pemprov Jatim yang menjalani rapid test dengan 511 orang dinyatakan reaktif. “Jadi dari total 77.000 ASN Pemprov Jatim, yang sudah menjalani rapid test 15.516 orang. Dari jumlah itu yang reaktif sebanyak 511 orang dengan 434 ASN langsung dilakukan swab,” papar Heru Tjahjono.

Dari jumlah tersebut, diketahui ada 98 ASN yang positif covid-19. Para ASN yang positif kini dirawat di RS Lapangan, BPSDM, dan RSUD dr Soetomo.

Yang kondisinya berat dan membutuhkan penanganan media yang komprehensif dirawat di RSUD dr Soetomo. Sedangkan OTG (Orang Tanpa Gejala) dikarantina di BPSDM.

Atas banyaknya ASN Bappeda Pemprov Jatim yang positif, pihak terkait telah melakukan sterilisasi selama 3 hari sejak Jumat. “Untuk pegawainya, telah dilakukan pembagian dengan sistem sehari kerja dan sehari libur. Mohon bantu doa agar ASN yang sedang dalam perawatan segera sembuh,” pungkasnya. @sarifa