LENSAINDONESIA.COM: Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya mulai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban Hari Raya Idul Adha di lokasi penjualan.

Salah satu tempat yang dilakukan pemeriksaan hewan kurban adalah tempat penjualan hewan kurban yang berada di kawasan Jalan Mayjend Sungkono Surabaya.

Dari hasil pemeriksaan dinyatakan bahwa sebanyak 70 ekor sapi dinyatakan sehat dan layak dikonsumsi masyarakat. Serta siap untuk dijadikan hewan kurban di Hari Raya Idhul Adha 1441 Hijriyah mendatang.

Kepala DKPP Kota Surabaya, Yuniarto Herlambang mengatakan, mulai hari ini pihaknya menerjunkan tim untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di lapak-lapak penjualan.

Untuk pemeriksaan ini terdapat 70 ekor sapi yang telah dilakukan pemeriksaan kesehatan. Sedangkan pemeriksaan untuk kambing akan segera dilakukan sebelum berlangsungnya hari raya.

“Kita kasih stiker bagi hewan kurban yang telah diperiksa. Hasilnya sebagian besar sehat semua, memang dia (hewan kurban) yang dijual itu pilihan-pilihan. Total ada 70 ekor sapi yang telah diperiksa, kalau kambingnya belum turun,” kata Herlambang sesuai kegiatan pemeriksaan hewan kurban.

Untuk periksaat di tempat penjualan hewan meliputi pengecekan tubuh bagian luar. Seperti mulut, mata, gigi, kotoran termasuk pula bulu hewan kurban itu sendiri.

“Nah, nanti setelah penyembelihan itu kita baru periksa di masjid-masjid. Untuk saat ini kita pemantauan ke lapak-lapak penjualan hewan kurban,” ujarnya.

Sapi-sapi tersebut tidak hanya diperiksa kondisi fisiknya saja. Namun pemeriksaan juga dilakukan pada asal hewan kurban serta pemiliknya.

Setelah dilakukan pemeriksaan DKPP akan langsung memberikan stiker kepada 70 hewan yang telah dilakukan oleh petugas sebagai tanda telah dukukan pengecekan. Sehingga para masyarakat dapat membedakan hewan mana yang sehat dan layak untuk dijadikan korban.@budi