LENSAINDONESIA.COM: Satu lagi, kue basah produk IKM (industri kecil menengah) di Kabupaten Jombang masuk toko modern. Masuknya produk lokal di Indomart dan Alfamart dinilai sangat membantu pemerintah dalam memulihkan ekonomi masyarakat yang terpuruk akibat dampak pandemi Corona (COVID-19).

Pemerintah Kabupaten Jombang sangat mendukung perkembangan kewirausahaan ini. Karena saking senangnya kue basah produksi warga bisa dipasarkan di minimarket, Bupati Jombang Munjidah Wahab sampai menggelar tumpengan di Pendopo Kabupaten.

Sebagaimana dikatakan Bupati Jombang, bahwa pihaknya akan selalu memberikan dukungan untuk memajukan IKM. Sebab, keberadaan IKM tidak hanya turut mengembangkan berbagai potensi daerah, tetapi juga turut mendukung dinamisasi positif perekonomian daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Mundjidah Wahab juga berharap toko modern bisa bersinergi dengan IKM, tentunya semakin banyak produk lokal yang masuk ke gerai Indomaret dan Alfamart yang tersebar hampir merata di Kabupaten Jombang dapat membuka peluang IKM untuk memasarkan produknya ke toko modern.

“Meski ditengah pandemi COVID-19 saat ini, produk yang dimiliki IKM masih dapat berjalan dan ditingkatkan, tetap berjalan dan tetap buka sesuai dengan protokol kesehatan yang terus dilakukan,” terangnya di ruang pertemuan Swagata Pendopo Kabupaten Jombang, Senin (13/07/2020).

Lebih lanjut MUndjidah berharap, kerjasama kemitraan IKM dengan toko modern bertujuan supaya akselerasi ekonomi di Jombang semakin cepat. Bukan tidak mungkin kedepannya produk-produk IKM Jombang akan semakin dikenal di seluruh Indonesia.

“Para pelaku IKM setelah diterima, harus terus memacu kreasi dan inovasi, harus selalu dikembangkan. Dan tetap menjaga kwalitas, selalu berkreasi agar lebih inovatif dan mampu menarik pembeli,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Permamin Jombang, Koeswartono menyampaikan terima kasih atas upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan usaha IKM dan menfasilitasi pelaku usaha, khususnya kepada Bupati Jombang atas perannya bisa menggandeng pasar modern.

“Pasar modern tidaklah menjadi ancaman bagi UMKM, namun bisa menjadi rekanan yang baik, dengan adanya pasar modern ini bisa jadi sebagai peluang bagi kita,” tandas Koeswartono.@Obi