LENSAINDONESIA.COM: Indosat Ooredoo Business kerja bareng Qlue, hadirkan solusi Smart City, Hybrid Cloud, dan Big Data.

Smart City kali ini memungkinkan pemerintah kota memantau pergerakan dan aktivitas masyarakat Indonesia terkait protokol kesehatan Covid-19.

Selain untuk memantau implementasi protokol kesehatan Covid-19, solusi Smart City ini juga digunakan sarana koordinasi dan kolaborasi antara dinas atau instansi di pemerintah kota.

Indosat Ooredoo juga bekerja sama dengan Alibaba untuk mengembangkan solusi Hybrid Cloud berbagai sektor termasuk layanan publik untuk meningkatkan efisiensi operasional. Hybrid Cloud merupakan solusi infrastruktur ICT untuk mencapai efisiensi dalam proses dan pengelolaan data.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena mengatakan, Indosat Ooredoo terus bekerja sama dengan masyarakat dan pelaku usaha di Indonesia guna menghadapi situasi menantang di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Kami senang bekerja sama dengan Qlue dan Alibaba Cloud menghadirkan solusi Smart City dan Hybrid Cloud. Kami berharap solusi ini akan membantu pelanggan pemerintahan untuk menjalankan roda pemerintahan dengan lebih efektif dan efisien,” papar Bayu dalam keterangan resmi yang diterima Lensaindonesia.com, Jumat (17/07/2020).

Ia menambahkam, teknologi Big Data bisa digunakan pemerintah kota untuk pengambilan keputusan secara cepat dan akurat.

“Penggunaan teknologi ini akan lebih memudahkan proses analisa data seperti arus lalu lintas dan kegiatan ekonomi sebuah kota,” terang Bayu.

Di samping itu, lanjutnya, solusi Smart City memungkinkan pemerintah kota dan perusahaan mengefisiensi pengeluaran biaya operasional dengan koordinasi dan kolaborasi yang dilakukan secara digital dengan menggunakan apikasi.

“Sementara untuk Hybrid Cloud, menjadi solusi pemerintah kota guna implementasi pusat data yang terintegrasi di semua dinas atau instansi terkait infrastuktur IT yang fleksibel, efisien, dan cepat melalui Hybrid Cloud,” ungkap Bayu.@Rel-Licom