LENSAINDONESIA.COM: Tim sepakbola asal Surabaya, Bajul Ijo FC memastikan diri berlaga di Liga 3 wilyah Jatim.

Berbagai persiapan telah dilakukan Bajul Ijo untuk menghadapi kompetisi Liga 3 akhir tahun 2020 mendatang, seperti seleksi pemain tahap I hingga menetapkan manajer baru.

Pada kamis malam 17 Juli 2020, Manajer Bajul Ijo FC Bambang Smit bersama Head Coach Yopy Perwiranusa melakukan pertemuan dengan Asosiasi Kota (Askot) PSSI Surabaya dan badan liga.

Ketua Askot PSSI Surabaya Mauritz Bernhard Pangkey menyampaikan, pertemuan ini untuk menyepakati bahwa Bajul Ijo FC yang merupakan klub binaan Askot ditangani Manajer Bambang Smit untuk tampil di Liga 3.

“(Peremuan) Ini muntuk menyepakati nama Bajul Ijo FC ditangani manajer untuk Liga 3. Bajul Ijo FC kan salah satu dari tiga klub binaan Askot PSSI SUrabaya. Jadi kalau dipakai namanya untuk mengikuti liga maka harus ada kesepakatan. Tinggal penandatanganan saja,” jelasnya.

Mauritz Bernhard Pangkey optimis, Bajul Ijo akan mampu bersaing dengan tim-tim ternama kuat di Liga III. “Sebenarnya beberapa tahun lalu Bajul Ijo sudah pernah tampil di Liga 3. Dengan pengalaman yang ada, saya yakin Bajul Ijo mampu bersaing dan naik kasta,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat Surabaya khususnya para Bonek memberikan suport kepada Bajul Ijo agar sepakbola di Surabaya kembali berjaya seperti era 80 an dan 90 an.

Mauritz Bernhard Pangkey juga meminta para Bonek tidak mempermasalahkan lagi nama Bajul Ijo. Kabarnya, beberapa Bonek sempat mendatangi Lapangan Mulyorejo saat Bajul Ijo FC melakukan seleksi pemain pada 11 Juli lalu. Mereka menolak penggunaan nama Bajul Ijo karena identik dengan Persabaya Surabaya.

“Memang (Bajul Ijo FC) tidak ada hubunganya dengan Persebaya. Bajul Ijo FC ini adalah klub binaan Askot PSSI Surabaya. Nama Bajul Ijo dipakai karena klub ini lahir di Surabaya,” jelasnya.

Sementari itu, Manajer Bajul Ijo FC Bambang Smit optimis tim yang dinahkodainya mampu bersaing dengan tim-tim ternama seperti Arema Indonesia, Gresik United, Madura FC dan Persekabpas Pasuruan. “Taget kita Bajul Ijo lolos ke zona nasional dan naik kasta ke Liga 2,” tegasnya.

Untuk memenuhi target tersebut, Bambang Smit akan berupaya memenuhi kebutuhan tim, termasuk memperhatikan perkembangan tim hingga siap tampil di penas Liga 3 nanti.

“Kita masih memiliki persiapan sebelum Liga 3 diputar akhir tahun ini. Saya akan melihat perkembangan tim seperti memantau seleksi pemain pada seleksi tahap kedua nanti. Target kita Bajul Ijo naik kasta ke Liga II,” pungkasnya.@LI-13