LENSAINDONESIA.COM: Rayakan Idul Adha 1441 H, banyak umat muslim  sudah menyiapkan ragam menu kuliner pilihan  khususnya daging kambing.
Seperti biasanya, Sate Kambing, Gulai Kambing, sampai Nasi Goreng Kambing seolah menjadi menu wajib untuk merayakan hari Idul Adha.
Kali ini Luminor Hotel Jemursari Surabaya berbagi resep menu khusus olahan daging kambing yang unik, yakni “Lamb Leg Curry Sandwich with Potato Salad”.
“Jika biasanya kebanyakan orang membuat Sate dan Gulai, disini kami memperkenalkan menu lain tetapi tetap bisa dipraktikkan di rumah” ujar Sukismanto, Co-Chef Luminor Hotel Jemursari Surabaya kepada MerahPutih.com, Sabtu (18/07/2020).
Ia mengatakan, untuk pembuatan Lamb Leg Curry Sandwich with Potato Salad, yang perlu diolah dahulu daging kambing bagian paha.
Pertama, daging kambing dipotong  bentuk kubus atau sesuai selera, tumis daging tersebut bareng bawang putih dan bumbu Kari, diberi air sedikit saja, sebab daging yang ditumis akan mengeluarkan air dan minyak.
“Disini kami menggunakan air yang tidak begitu banyak agar daging kambing tak terlalu lama kena air nanti daging akan terasa keras” tandas Chef Kis.
Selain itu, untuk menghilangkan bau khas pada daging kambing, tambahkan beberapa rempah-rempah seperti kapulaga, cengkeh, dan pekak.
Tak hanya menghilangkan bau, rempah juga memanipulasi bau lengur pada daging kambing agar semua orang tetap nyaman menikmati daging kambing. Setelah olahan daging kambing selesai, siapkan isian roti sandwich dengan sayuran sesuai selera.
Untuk penyajian Lamb Leg Curry Sandwich, lanjut Chef Kis, Potato Salad dan acar berisi sayuran seperti Wortel dan Timun segar.
“Gunanya acar ini tak hanya untuk pemanis tapi juga untuk menetralisir rasa eneg saat memakan daging kambing tersebut,” pungkas Chef Kis.
Setidaknya dengan resep ini, bisa mengisi kegiatan positif di libur Idul Adha di masa pandemi Covid-19 ini. Bersama keluarga di rumah siap menyantap hidangan olahan dari daging kambing berbeda seperti biasanya.@Eld-Licom