LENSAINDONESIA.COM: Untuk memupuk dan meningkatkan rasa nasionalisme serta cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya yang ada di wilayah perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif 125/Simbisa membagikan bendera Merah Putih kepada warga Kampung Yanggandur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 125/Simbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (24/7/2020).

Letkol Inf Anjuanda Pardosi mengungkapkan, bendera Merah Putih ini dibagikan oleh Danpos Yanggandur, Letda Inf Agustoni Siboro beserta tujuh orang anggotanya dengan maksud untuk meningkatkan rasa nasionalisme warga Kampung Yanggandur.

“Rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus tertanam dan terpatri dalam jiwa seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali, sehingga keutuhan dan kedaulatan NKRI dapat kita jaga dan pertahankan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa nasionalisme dalam situasi negara seperti saat ini diperlukan untuk dijadikan sebagai pemersatu bangsa dalam mempertahankan keutuhan NKRI tercinta terlebih jika dikaitkan dengan konstitusi negara Republik Indonesia.

Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan, “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Ayat tersebut intinya menjelaskan bahwa kita wajib melakukan upaya pembelaan negara yang tentunya harus dengan rasa nasionalisme yang timbul dari diri sendiri dan diimplementasikan sesuai dengan porsi dan profesi masing-masing,” tandasnya.

Sementara itu, Georgius Mbanggu (41 th) selaku Kepala Kampung Yanggandur menyambut positif kegiatan yang dilakukan oleh anggota TNI. Menurutnya, kegiatan seperti ini agar terus dilaksanakan sehingga rasa nasionalisme tidak pernah pudar.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Satgas Yonif 125/Simbisa, dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan semangat baru untuk meningkatkan rasa cinta tanah air,” katanya.

Autentikasi :
Papen Satgas Yonif 125/Simbisa, Lettu Chk Juspindeli Girsang